Netizen Heboh Bicarakan WhatsApp GB, Ini Penyebabnya

WA GB WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Netizen heboh memperbincangkan mengenai WhatApp GB (WA GB). Aplikasi yang mirip WhatsApp tersebut ramai dibicarakan karena warganet ragu dengan keamanan privasi data aplikasi tersebut.

Berdasarkan pantauan Tim Telset dari Twitter awal perbincangan bermula dari postingan akun Twitter @subtanyarl pada Senin (01/02/2021). Akun tersebut memposting skomentar warganet di Tik Tok perihal video mereka tentang keamanan aplikasi WhatsApp GB.

Di TikTok banyak warganet yang tidak setuju pendapat akun @subtanyarl. Misalnya akun @unyukk yang mengaku sebagai pengguna aplikasi dan menilai kalau aplikasi ini cukup aman.

{Baca juga: Cara Impor Chat dari WhatsApp ke Telegram, Bisa di Android atau iOS}

“kalo gak pernah pake diam aja deh ku ribet amat. Lagian orang pake WA GB rata-rata cuma karen WAnya cantik,” komentar @unyukk.

Komentar akun @unyukk dan akun lainnya diposting ulang oleh @subtanyarl di Twitter yang isinya sindiran terhadap komentar tersebut. Cuitan @subtanyarl jadi trending topic sudah mendapat 1,4 rb retweet, 1,1 ribu kutipan, 18 ribu likes serta 3,2 ribu komentar.

“Tanyarl gue di tiktok ngasih tau bahaya nya, ngasih tau privasi, tapi malah diserang user :”) dikatain fisik, plesetin nama gue, sumpah dah pada kenapa,” cuit @subtanyarl.

Berbeda dengan Tik Tok justru warganet di Twitter mendukung opini dari akun @subtanyarl tentang privasi aplikasi yang mirip WhatsApp tersebut. Misalnya saja akun @yeoll1992 yang berkaca dari pengalaman temannya yang memakai aplikasi yang lebih heboh itu.

“WA GB itu jelas ngelanggar privasi sebenarnya , jujur ya temen ku makai dan katanya kalau kita bikin status terus kita hapus lagi di dianya gak hilang itupun kalau hilang 24 jam, padahal stts WA kita udah dihapus ! Terus lagi kalau kita hapus pesan karena pesannya (NEXT),” jelas @yeoll1992.

Lalu ada juga akun @sadkissez yang meragukan keamanan WA GB karena tidak tersedia di Google Play Store.

“Yang resmi playstore aja belum tentu aman. apalagi yang dari pihak ketiga. 🙂 harusnya bales gini nder, biar otaknya pada mikir,” ucap @sadkissez.

Terakhir ada juga akun @soffikhasanah yang menilai bahwa pengguna WA GB sangat meresahkan.

“Teruntuk kaum yang memakai WA GB, aku cuma mau bilang kalo kamu sangat meresahkan,” tuturnya.

Sebagai informasi, WhatsApp GB adalah aplikasi WhatsApp MOD APK, yakni aplikasi yang mirip WhatsApp namun telah dimodifikasi. Sebenarnya selain WA GB, masih banyak WhatsApp MOD APK lainnya yang bisa didownload dan tidak kalah populer.

Melalui hasil modifikasinya menghadirkan fitur seperti pesan terjadwal, WA GB menyembunyikan status online, hingga mengirim video dan gambar dengan ukuran yang lebih besar dari WhatsApp.

Aplikasi ini juga  memungkinkan Anda untuk mengirim pesan kosong, menyalin status, menyembunyikan mode terakhir dilihat atau last seen, mengubah tema dan lain sebagainya.

{Baca juga: Update Baru, Login WhatsApp Web Wajib Pakai Sidik Jari}

“Pengembang memodifikasi WhatsApp resmi untuk menambahkan beberapa fitur menarik. Ini memiliki privasi tambahan yang tersedia di dalamnya, dan tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan mod ini,” kata gbapps.net.

Sepintas fitur-fitur di WA GB memang lebih beragam dibandingkan WhatsApp. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa WA GB dan aplikasi sejenisnya telah melanggar Terms of Service WhatsApp dan tidak memiliki dukungan resmi dari WhatsApp karena kebijakan keamanannya tidak bisa divalidasi dan berisiko disusupi malware. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here