INTERNET

WhatsApp Down, Telegram Kebanjiran 70 Juta Pengguna Baru

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Insiden Facebook, Instagram, dan WhatsApp down, membawa berkah bagi Telegram. Kabarnya aplikasi pesan singkat pesaing WhatsApp ini menerima lebih dari 70 juta pengguna baru selama gangguan berlangsung.

Dilansir Telset dari CNET pada Jumat (8/10/2021), CEO Telegram Pavel Durov melalui channel Telegramnya, mengatakan jika terjadi penambahan pengguna yang signifikan saat Facebook, Instagram, WhatsApp gangguan pada Senin (4/10/2021), kemarin. 

“Kemarin Telegram mengalami rekor peningkatan pendaftaran dan aktivitas pengguna dengan tingkat pertumbuhan harian yang tinggi,” ujar Pavel.

Jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Selama lebih dari 5 jam gangguan, Telegram menerima 70 juta pengguna baru yang diklaim berasal dari pengguna WhatsApp. 

Pavel sangat senang dengan pencapaian tersebut, dan juga bangga kepada tim Telegram yang mampu menghadapi lonjakan pengguna baru. 

Baca juga: Telegram Sindir WhatsApp di Twitter

“Kami menyambut lebih dari 70 juta pengguna dari platform lain dalam 1 hari. Saya bangga dengan bagaimana tim kami menangani pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah Pavel. 

Pavel juga mengucapkan selamat datang kepada 70 juta pengguna baru Telegram. Dirinya menjamin jika Telegram adalah aplikasi yang aman serta, tidak akan mengecewakan pengguna. 

“Saya ingin mengatakan ini selamat datang di Telegram, platform perpesanan independen terbesar. Kami tidak akan mengecewakan Anda ketika orang lain melakukannya,” ucap Pavel.

Terakhir pria asal Rusia tersebut meminta pengguna Telegram lama, untuk membantu pengguna baru dalam memanfaatkan fitur-fitur menarik yang ada di Telegram. 

“Saya meminta pengguna kami yang ada untuk menyapa teman baru kita. Bantu mereka membongkar, dan memberi tahu mereka apa yang kami miliki. Pastikan mereka bertahan dan lihat mengapa Telegram lebih unggul dari pesaingnya,” tutup Pavel. 

Facebook, Instagram, WhatsApp Down

Sebelumnya pada Senin malam (4/10/2021), masyarakat dunia kaget karena WhatsApp, Instagram, dan Facebook tidak bisa diakses. Gangguan tersebut berlangsung 5 jam lebih dan terjadi di banyak negara termasuk Indonesia.

Untungnya saja, pada Selasa pagi (5/10/2021), layanan mulai pulih dan Facebook mengumumkan penyebab gangguan layanan. Ternyata penyebab gangguan berasal dari router backbone Facebook. 

Terjadi perubahan konfigurasi yang salah sistem router backbone. Hal ini yang menyebabkan Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak bisa dibuka. 

Baca juga: Penyebab Facebook, WhatsApp, Instagram Gangguan

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” tutur Facebook. 

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” sambungnya. [NM/HBS]

 

Leave a Comment