telset

Warganet Lebih Suka Nonton Video TikTok Ketimbang YouTube

Telset.id, Jakarta – Popularitas YouTube berhasil digeser oleh TikTok. Terbukti, dalam laporan dari lembaga riset App Annie yang baru, pengguna Android di Amerika Serikat dan Inggris lebih suka nonton video TikTok ketimbang YouTube.

Laporan yang dirilis App Annie ini didapatkan dari durasi waktu pengguna Android di Amerika Serikat dan Inggris saat menonton konten di TikTok dan YouTube, terhitung sejak tahun 2019 sampai Juni 2021.

Durasi nonton video di TikTok untuk periode April sampai Juni 2021 tercatat mengalahkan YouTube. Di rentang Maret sampai April 2021, pengguna menonton video di platform dengan durasi rata-rata 23 jam per bulan. Sementara Mei sampai Juni 2021, meningkat hingga 24 jam rata-rata per bulannya.

{Baca juga: TikTok Bikin Acara “The Greatest Gamer”, Cari Bibit Pemain Pro}

Di periode yang sama, hal berbeda terjadi pada YouTube. Durasi menonton video di YouTube menurun dari 24 jam ke 23 jam per bulan. Di bulan Mei hingga Juni 2021, rasionya cenderung stagnan 23 jam per bulannya.

Nonton Video TikTok YouTube App Annie

Popularitas TikTok daripada YouTube jelas terlihat di Inggris. Dominasi TikTok sudah terdeteksi sejak Mei 2020, ketika aplikasi buatan ByteDance itu mengalahkan YouTube dengan durasi menonton per bulan mencapai 19 jam berbanding 18 jam.

Di bulan-bulan berikutnya, TikTok terus meninggalkan jauh YouTube. Bahkan untuk data Juni 2021, durasi pengguna Android nonton video di TikTok mencapai 25 jam per bulan, berbanding 15 jam per bulan yang diraih YouTube di periode yang sama.

Nonton Video TikTok YouTube App Annie

YouTube Menang Jumlah Pengguna 

Walau durasi menonton tertinggal jauh, tapi dari sisi jumlah pengguna, YouTube masih mendominasi. Media BBC News mencatat bahwa YouTube memiliki sekitar 2 miliar pengguna seluler dan desktop setiap bulan, lebih banyak dari TikTok yang hanya 700 juta.

TikTok Kalahkan YouTube

Memang harus diakui bahwa YouTube dan TikTok sedang bersaing. Hal ini terlihat dari adanya YouTube Shorts yang dinilai mirip dengan TikTok. Sepertinya persaingan mereka akan terus terjadi, dan semakin menarik di bulan-bulan kedepannya. Patut kita tunggu. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0