Vidio Sebar “Tim Patroli” untuk Hadapi Pembajakan Siaran Liga Inggris

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Vidio berusaha memerangi pembajakan siaran, khususnya siaran Liga Inggris atau English Premier League (EPL), dan siaran olahraga lainnya. Aplikasi streaming tersebut memiliki caranya sendiri untuk menghadapinya. Seperti apa?

Seperti diketahui, tahun ini Vidio memegang hak siar untuk menayangkan Liga Inggris di aplikasi mereka. Namun, mengingat liga ini menjadi salah satu yang paling banyak ditonton oleh penggemar bola, banyaknya link ilegal yang menawarkan siaran Liga Inggris secara gratis tak bisa dibendung.

Fenomena tersebut pastinya merugikan pelanggan Vidio, sehingga Vidio memiliki caranya sendiri untuk mengatasi masalah pembajakan siaran Liga Inggris.

Dalam acara peluncuran paket bundling Smartfren dan Vidio pada Selasa (27/9/2022),  Chief of Product Vidio, Hadikusuma Wahab menuturkan kalau Vidio berkomitmen untuk memerangi pembajakan kontennya seperti Liga Inggris, UEFA Champions League dan pertandingan olahraga lainnya.

Cara pertama adalah dengan membawa kasus pembajakan ke ranah hukum. Disebutkan kalau Vidio memiliki divisi hukum yang mengurus soal pembajakan.

Kasus yang terbaru adalah kala Vidio membawa ke ranah hukum sebuah perusahaan, yang menjual Set Top Box (STB), dimana mereka mengklaim kalau pengguna STB bisa mengakses Vidio secara gratis.

BACA JUGA:

“Kita sangat serius menghadapi pembajakan dan biasanya dilakukan oleh tim legal. Yang terbaru, kita membawa sebuah layanan STB ke ranah hukum karena memberikan akses ke Vidio, padahal tidak ada kerja sama sama kita. Langkah ini dilakukan supaya memberikan efek jera,” tutur Hadikusuma.

Sementara di dunia internet, Vidio telah membentuk tim patroli khusus. Tugasnya mencari website yang menyiarkan secara ilegal Liga Inggris. Tim bergerak ketika pertandingan berlangsung, karena link live streaming kerap kali banyak bermunculan di momen tersebut.

“Menariknya tim bergerak bukan sebelum pertandingan, karena saat itu biasanya link belum bermunculan, tetapi saat match berlangsung,” ujar Hadikusuma.

BACA JUGA:

Kemudian, Vidio akan berkolaborasi dengan Google, Facebook dan institusi terkait untuk melakukan take down terhadap situs bajakan yang menyiarkan Liga Inggris.

“Kita melakukan take down secara cepat, karena ingin menciptakan behavior agar masyarakat harus menonton secara legal,” ungkap Hadikusuma.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0