INTERNET

Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-commerce Terbaik 2021

Ida Farida
Share

Telset.id, Jakarta – Tokopedia berhasil mengamankan satu trofi dalam ajang penghargaan CNBC Awards 2021, yang digelar belum lama ini. Marketplace milik William Tanuwijaya ini meraih predikat E-commerce Terbaik 2021.

Sejak didirikan pada 2009 silam, Tokopedia bukan saja telah berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Perusahaan ini juga telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Melihat prestasi itu, predikat E-commerce Terbaik 2021 Tokopedia memang pantas didapatkan.

Baca juga: Salut! Tokopedia Hadirkan Fitur Voice Over untuk Pengguna Difabel

Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Dengan setidaknya lebih dari 11 juta penjual dan 100 juta lebih pengguna aktif bulanan.

Merebaknya virus corona, yang telah membuat tak sedikit orang terpaksa kehilangan pekerjaan, diduga menjadi alasan orang-orang memilih platform online sebagai tempat berjualan.

Mengacu pada riset LPEM FEB UI 2021, selama pandemi ini setidaknya 68,6% penjual yang bergabung di Tokopedia merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga.

“Tujuh dari sepuluh pelaku usaha mengalami peningkatan volume penjualan sebesar 133% selama pandemi,” sebut riset itu lagi.

Baca jugaCTO dan CIO Tokopedia Masuk Daftar Eksekutif Teknologi Paling Inovatif di ASEAN

Sementara itu, NTB, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan menjadi provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi; sedangkan Bali, Yogyakarta, dan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi.

CNBC Awards 2021 merupakan ajang penghargaan yang digelar CNBC Indonesia sebagai wujud apresiasi dan kinerja yang telah diraih para pelaku ekonomi dan dunia usaha sepanjang tahun ini, termasuk penghargaan Tokopedia E-commerce Terbaik 2021. [IF/HBS]

Leave a Comment