Capaian Hebat Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate di 2022

Telset.id – Upaya untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi terus dilakukan Tokopedia guna memudahkan penggunanya. Salah satunya lewat Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate yang mencatat pencapaian hebat di tahun 2022.

Diungkapkan Head of Sales Operation & Product Tokopedia, Nirmala Rahmawati Hapsari, Tokopedia Play merupakan kanal video streaming yang mempertemukan penjual dan pembeli lewat tayangan dan penawaran menarik.

Sementara Tokopedia Affiliate, merupakan suatu program yang memberi kesempatan pengguna mendapat penghasilan tambahan dengan merekomendasikan produk dari Tokopedia.

“Lewat kanal video streaming Tokopedia Play, masyarakat bisa mencari inspirasi – lewat berbagai tayangan menarik, seperti live shopping, memasak, olahraga, berkreasi dan masih banyak lagi–sambil berbelanja, atau sebaliknya,” kata Nirmala.

BACA JUGA: 

Tak hanya itu, Tokopedia Play yang diluncurkan sejak 2018 juga memungkinkan pembeli  berinteraksi langsung dengan penjual untuk memahami rincian produk sekaligus memanfaatkan penawaran spesial.

“Nilai tambah tersebut membawa peningkatan jumlah transaksi melalui Tokopedia Play sebesar lebih dari tiga kali lipat selama enam bulan terakhir, dibandingkan enam bulan sebelumnya,” sambung Nirmala lagi.

Beberapa kota seperti Makassar, Denpasar, Indramayu, Jambi, dan Balikpapan disebutnya menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia Play.

Di sisi lain, dengan Tokopedia Play, penjual juga dapat membangun brand awareness, meningkatkan penjualan dan memperoleh modul edukasi seputar bisnis online untuk mengembangkan usaha. 

“Selama enam bulan ke belakang, peningkatan jumlah penjual yang menggunakan Tokopedia Play tercatat lebih dari tiga kali lipat, dibanding enam bulan sebelumnya,” jelas Nirmala.

Pekalongan, Denpasar, Medan, Bandung, dan Semarang menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia Play. Sedangkan Klaten, Cilegon, Madiun, Tegal, dan Tasikmalaya adalah beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi. 

Kesehatan, Kecantikan, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia Play setahun ke belakang.

Jumlah Tokopedia Affiliate Melonjak

Sementara lewat program Tokopedia Affiliate, masyarakat bisa mendaftar sebagai Affiliate dan mempromosikan jutaan produk yang ada di Tokopedia menggunakan link khusus, di media sosial mereka. Jika produk berhasil terjual melalui link khusus itu, Affiliate tersebut akan mendapatkan komisi hingga 10%.

“Selain membuka kesempatan kepada Affiliate untuk menambah penghasilan, program ini juga membantu penjual di Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Program ini di sisi lain dapat membantu masyarakat umum mengakses produk yang sudah direkomendasikan oleh Affiliate sekaligus kerabat atau rekan terpercaya mereka,” kata Nirmala.

BACA JUGA:

Sejak diluncurkan pada Maret 2022, jumlah Affiliate terdaftar sudah mencapai ratusan ribu. Kabupaten Bogor, Jayawijaya dan Sidoarjo menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah Tokopedia Affiliate terdaftar paling tinggi selama tiga bulan terakhir dibanding tiga bulan sebelumnya.

“Kecantikan, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Handphone dan Tablet, serta Ibu dan Bayi menjadi beberapa kategori yang paling banyak direkomendasikan dan dibagikan di media sosial oleh para Tokopedia Affiliate terdaftar,” pungkas Nirmala. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI