UMKM Mau Sukses Jualan Online? Ikuti Tips SEO Ini!

Telset.id – Penggunaan kaidah SEO (Search Engine Optimization) memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis online, termasuk bagi para UMKM lokal. Untuk itu, Tokopedia memberikan tips SEO jualan online yang manjur untuk para pelaku usaha kecil.

Hal ini dijelaskan oleh SEO Senior Lead Tokopedia, Frans Fernando, yang mengatakan bahwa SEO sangat penting untuk meningkatkan popularitas bisnis secara online.

Baca juga: Bayar SPP Sekolah Semudah Belanja di Warung, Begini Caranya

Untuk diketahui, SEO sendiri merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Menggunakan teknik ini, kita tidak hanya dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke website tetapi juga mengoptimalkan ranking website di halaman pencarian. Singkatnya, SEO akan memudahkan website menempati posisi teratas pada hasil pencarian.

“Penggunaan kaidah SEO dapat meningkatkan visibilitas di mesin pencarian sehingga dapat mengundang lebih banyak calon pembeli,” kata Frans.

Mengingat betapa pentingnya teknik ini, Frans dan Tokopedia pun membagikan lima tips SEO agar UMKM lokal dapat mengoptimalkan penjualannya dan agar produknya lebih mudah ditemukan oleh pembeli di halaman mesin pencarian. Nah, berikut ini 5 tips SEO ala Tokopedia.

Baca juga: Transaksi Modal Toko dan Fitur PayLater di Tokopedia Melonjak

1. Cara Penulisan Nama Produk

Tips SEO Tokopedia yang pertama adalah cara penulisan nama produk. Hal ini penting untuk jualan online karena yang pertama dicari oleh calon pembeli adalah nama produk UMKM tersebut. Jika nama produk ditulis sesuai dengan produk yang dijual, hal ini akan memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan.

2. Deskripsi Produk Sesuai Kata Kunci

Kemudian tips SEO yang kedua dari Tokopedia adalah terkait dengan deskripsi produk yang sesuai dengan kata kunci. Saat menuliskan deskripsi produk, gunakan kata kunci yang relevan, supaya calon pembeli lebih tertarik dan membuat produk muncul di halaman pencarian.

“Lengkapi deskripsi produk dengan jelas agar memudahkan pembeli mencari produk yang dibutuhkan. Pegiat usaha bisa menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia untuk mencari kata kunci produk yang sering dicari calon pembeli. Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan, contoh: Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang,” tambah Frans.

3. Tambahkan Tautan yang Relevan

Tips yang ketiga yang bisa diterapkan oleh para pelaku UMKM yang ingin jualan online adalah mencantumkan tautan akun toko Tokopedia pada halaman media sosial atau situs yang dikelola juga penting untuk membantu meningkatkan pengunjung, penjualan dan kepercayaan calon pembeli. 

Frans menyebut, menambahkan tautan akun toko Tokopedia di media sosial, serta menautkan ke situs yang relevan dengan produk juga akan mengoptimalkan performa SEO.

Baca juga: Banjir Peminat, Partisipan ‘Tokopedia Academy’ Melonjak 3x Lipat

4. Optimalkan Visual Produk

Foto atau gambar menjadi sangat penting dalam jualan online, karena produk dapat membantu meningkatkan jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman produk. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan mempengaruhi secara positif urutan rating toko di mesin pencarian. 

“Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” jelas Frans.

5. Kombinasikan Kata Kunci

Tips SEO terakhir adalah kombinasi kata kunci. Hal ini penting karena kombinasi kata kunci yang saling berkaitan pada produk akan memudahkan calon pembeli menemukan barang yang lebih spesifik. 

Contoh cara menamai produk yang baik adalah dengan mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna). Misalnya “Mukena Wanita (Merek) Merah Ukuran M” akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang mencarinya.

Baca juga: Voucher Game Online Paling Diburu di Tokopedia Sepanjang 2021

“Tokopedia ke depannya akan #SelaluAdaSelaluBisa mendorong kemajuan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, lewat pemanfaatan teknologi agar dapat #BangkitBersama di tengah pandemi dan meraja di negeri sendiri,” pungkas Frans. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0