Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja via Online di Tengah Pandemi

Telset.id – Kasus penipuan via online semakin marak, dengan modus yang beragam. Mulai dari penipuan berkedok undian, pinjaman online ilegal, hingga penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan tertentu. Tokopedia yang namanya pernah dicatut, memberikan tips jitu untuk menghindari penipuan lowongan kerja via online.

Pandemi Covid-19 tak dimungkiri telah membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan. Tak terkecuali dari segi ekonomi, dimana tak sedikit orang kehilangan pekerjaannya sebagai akibat adanya aturan pemerintah tentang lockdown, PSBB, maupun social distancing. 

Alhasil, upaya-upaya untuk menemukan pekerjaan baru pun gencar dilakukan. Apa saja, yang penting halal, demikian mungkin pikir sebagian orang. Celah keputusasaan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan lowongan kerja.

Cerdiknya, para penipu ini tak jarang mencatut nama perusahaan besar untuk melancarkan aksinya. Tokopedia menjadi salah satu korbannya. Raksasa ecommerce Tanah Air ini namanya kerap dicatut para penipu untuk melakukan penipuan lowongan kerja. 

Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia, menyampaikan beberapa tips untuk menghindari penipuan lowongan kerja, khususnya yang mengatasnamakan Tokopedia. Yuk, simak tips dari Tokopedia.

BACA JUGA:

1. Pastikan Posisi Ada di Kanal Resmi

Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia (https://id.linkedin.com/company/pt–tokopedia).

2. Perhatikan Alamat Pengirim Email

Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia.

3. Hati-hati Link Phising

Saat menerima pesan dari perekrut, baik melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya, berhati-hatilah terhadap link penipuan atau phising. Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia.

Lowongan kerja Tokopedia

4. Curigai Jika Ada Pungutan

Tokopedia tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen. Hati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia dan meminta biaya saat proses perekrutan. Proses rekrutmen di Tokopedia 100 persen gratis.

5. Penawaran Gaji Pasti lewat Email Resmi

Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, apalagi lewat pesan singkat. Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com.

BACA JUGA:

Nah, apabila ada dari Anda pembaca Telset.id yang melihat atau menerima penawaran kerja yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, bisa lapor ke people.services@tokopedia.com. Yuk, kita lebih berhati-hati! [IF/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0