TikTok Shop Indonesia akan Ditutup Tanggal 4 Oktober 2023

Telset.id, Jakarta – TikTok mengambil sikap terkait nasib layanan TikTok Shop di Indonesia, dengan memutuskan untuk menutup layanan jual beli online tersebut tanggal 4 Oktober 2023.

Dikutip Telset dari News Room TikTok pada Selasa (03/10/2023), TikTok menjelaskan kalau mereka akan mematuhi peraturan Kemendag mengenai TikTok Shop. Artinya TikTok akan tutup layanan Shop di Indonesia dalam waktu dekat.

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB. Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan,” tulis TikTok.

Pengumuman perihal TikTok Shop tutup di Indonesia, tidak terlepas dari peraturan baru-baru ini dari Kementerian Perdagangan. Sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melarang TikTok untuk berjualan di negara ini, melalui layanan TikTok Shop.

BACA JUGA:

Kebijakan ini diambil sebagai imbas keluhan pedagang pasar yang sepi pengunjung, karena konsumen memilih berbelanja melalui TikTok Shop.

Demi memperkuat kebijakan TikTok Shop dilarang berjualan, Mendag Zulkifli Hasan bakal meneken Revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 50 Tahun 2020 tentang Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam revisi permendag itu, Zulkifli Hasan menyebut pihaknya juga akan memisahkan secara tegas platform social commerce dan social media. Sementara politisi Partai PAN itu mengibaratkan platform social commerce seperti hanya televisi. Artinya mereka hanya dapat digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa, namun tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

TikTok Shop hadir di Tanah Air pada April 2022. TikTok Shop dihadirkan untuk membantu pengusaha dan juga konsumen untuk berjualan dan berbelanja lewat TikTok. Sayangnya kehadiran TikTok Shop dinilai memberikan dampak buruk bagi pedagang pasar.

BACA JUGA:

Banyak yang mengeluh kalau dagangan mereka sepi, karena konsumen beralih berbelanja melalui platform tersebut ketimbang di pasar. Sampai akhirnya TikTok Shop dilarang untuk berjualan, dan akhirnya akan ditutup oleh pihak TikTok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI