Siswa SD di China dan Korsel akan Dikenalkan dengan AI

Telset.id, JakartaArtificial Intelligence (AI) sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dan berkembang pesat. Menyadari hal ini, pemerintah China dan Korea Selatan (Korsel), memasukkan kursus teknologi AI ke dalam kurikulum siswa Sekolah Dasar (SD), dan menengah mereka.

Dikutip Telset dari Gizchina pada Selasa (13/06/2023), kursus AI untuk sekolah dasar dan menengah akan diwajibkan di provinsi Zhejiang China. Langkah ini merupakan bagian dari dorongan China yang lebih luas untuk menjadi pemimpin dunia dalam AI pada tahun 2030.

Kursus akan mencakup topik-topik seperti pembelajaran mesin, visi komputer, dan pemrosesan bahasa alami. Tujuannya adalah membekali siswa SD di China dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia di mana AI menjadi semakin lazim.

Selain China, Kementerian Pendidikan Korea Selatan baru-baru ini mengumumkan kalau buku yang membahas mengenai teknologi AI akan diperkenalkan pada tahun 2025. Buku-buku yang membahas teknologi AI ini akan diajarkan kepada siswa SD dan menengah di Negeri Ginseng tersebut.

BACA JUGA:

Menurut laporan Asia Daily, mulai musim semi 2025 akan ada buku AI dalam bahasa Korea. Buku-buku ini akan digunakan oleh siswa kelas 3 dan 4 sekolah dasar Korea. Lalu siswa kelas satu SMP juga akan menggunakan buku-buku ini.

Mereka akan menggunakan buku-buku ini untuk mata pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris, dan kelas IT. Pada saat yang sama, Kementerian Pendidikan Korea berencana untuk memperluas mata pelajaran dan nilai terapan AI setiap tahun.

Wakil Perdana Menteri Korea Selatan untuk Urusan Sosial dan Menteri Pendidikan, Li Zhouhao menyatakan dalam program berjudul “Rencana Promosi Buku Teks Digital AI” disebutkan bahwa buku digital AI akan berlaku untuk buku skema pendidikan yang direvisi tahun 2022.

Kemudian secara perlahan akan memperluas nilai yang terlibat secara bertahap. Kementerian Pendidikan Korea mengatakan akan memperluas kursus AI ke berbagai mata pelajaran seperti masyarakat, sains, ekonomi keluarga, dan sains dan teknologi pada tahun 2026.

BACA JUGA:

Sekaligus mencakup kursus sejarah pada tahun 2027. Akan ada penerapan penuh kursus AI dalam olahraga, musik, dan seni pada tahun 2028.

Kementerian Pendidikan Korea Selatan menyatakan bahwa buku digital AI dapat mengamati tingkat pembelajaran komprehensif siswa secara real time, dan melaksanakan pengajaran yang ditargetkan.

AI juga dapat menganalisis tingkat penerimaan dan pertumbuhan siswa. Sekaligus dapat memberikan kursus dasar bagi siswa dengan kemampuan belajar yang lemah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI