INTERNET

Google Search Down, Netizen Teriak Gak Bisa Googling

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda yang sempat berselancar di internet pagi ini, mungkin Anda mengalami gangguan yang membuat Anda tidak terhubung ke Google Search. Tapi tenang, masalah ini bukan berasal dari jaringan internet Anda, melainkan karena Google mengalami down layanan.

Dari pantuan tim Telset pada Rabu (1/12/2021), gangguan terjadi sekitar pukul 10.07 WIB. Biasanya, setelah menuliskan kata kunci di kolom pencarian akan muncul hasilnya di halaman utama.

Namun pagi tadi, Google malah menulis pemberitahuan kalau terjadi gangguan pada server. Aplikasi milik Alphabet ini mengaku sedang memperbaiki gangguan yang terjadi.

Baca juga: Google Search Sempat Down

“Server error. Maaf tampaknya ada kesalahan server internal saat memproses permintaan Anda. Teknisi kami telah diberi tahu dan sedang bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan coba lagi nanti,” tulis Google.

Tampilan Google Search yang mengalami gangguan (Sumber foto: Faisal/Telset.id)

Untuk memastikannya, kami juga mengecek situs Down Detector. Benar saja, banyak sekali laporan mengenai masalah pada Google. Laporan mulai diterima oleh situs Down Detector sekitar pukul 09.24 WIB.

Laporan yang masuk terus bertambah dan puncaknya pada pukul 10.09 WIB dengan 439 laporan. Ratusan laporan terbagi menjadi 3 jenis, pertama 49% pengguna melaporkan terjadi gangguan pada situs Google.

Lalu ada 47% yang mengaku gangguan terjadi di Google Search, dan 4% melaporkan kalau gangguannya terjadi saat login ke akun Gmail. Untuk lokasi gangguan, Down Detector mencatat kalau laporan berasal dari pengguna di Jakarta dan Surabaya.

Warganet Heboh Google Down

Laporan mengenai Google yang gangguan juga ramai di media sosial. Di Twitter banyak orang-orang yang merasa terganggu akibat gangguan tersebut. Misalnya akun @tuystory_ yang ingin mengerjakan karya ilmiah, tetapi situs pencarian ini malah gangguan.

“Kenapa musti down sih, padahal lagi pengen ngubek judul proposal,” ucapnya kesal.

Ada juga warganet dengan akun @ayupurwati_ yang merasa aktivitasnya untuk mencari informasi terganggu akibat masalah pada Google.

Baca juga: Layanan Google dkk Gangguan

“Google down ya? lagi mau tracking tetiba gak bisa,” ungkapnya.

Terakhir ada dari @chalisthap yang mengajak pengguna lain untuk memakai platform search web lainnya seperti Baidu untuk mencari informasi.

“Google down, yuk pakai Baidu,” tutup @chalisthap.

Baca juga: 10 Situs Mesin Pencari Selain Google

Beruntung gangguan tidak berlangsung lama. Saat ini Google sudah bisa diakses seperti biasa dengan normal. Sebelumnya, Google telah 2 kali mengalami down tepatnya pada Februari dan April 2021. (NM/MF)

Leave a Comment