telset

Awas! Phishing Berkedok Situs Streaming Film Spider-Man: No Way Home

Telset.id, Jakarta – Film Spider-Man: No Way Home resmi tayang di bioskop. FIlm terbaru Marvel itu mendapatkan respon yang sangat positif dari para penggemarnya. Sayang, momen ini dimanfaatkan hacker untuk melakukan phishing dengan modus situs streaming film Spider-Man: No Way Home.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Jumat (17/12/2021), Kaspersky menemukan banyak contoh situs phishing berkedok streaming film Spider-Man yang dibuat untuk mencuri data perbankan pengguna.

Modusnya pelaku membuat situs yang menyediakan streaming film Spider-Man terbaru. Pelaku juga memposting poster resmi film Spider-Man tersebut, tetapi menampilkan sosok Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

“Ekspektasi para penggemar sangatlah tinggi saat ini. Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya masing-masing tentang film tersebut, yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber,” kata pakar keamanan di Kaspersky, Tatyana Shcherbakova. 

Baca juga: Trailer Spider-Man: No Way Home Bikin Heboh

Ketika pengguna ingin menonton, mereka diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kredit. Setelahnya uang akan didebit dari kartu pengguna. Di saat yang bersamaan, data pembayaran dikumpulkan oleh para pelaku kejahatan dan pengguna ditipu karena film tidak tersedia.

Selain layanan streaming, ditemukan juga layanan untuk mengunduh film Spider-Man: No Way Home yang mengandung malware. Melalui layanan tersebut, pelaku memasukkan Adware dan malware Trojan yang mampu mengumpulkan informasi dan mengubah data di perangkat pengguna.

“Melupakan kewaspadaan siber, penonton terburu-buru untuk mengetahui rahasia film perdana, dan penipu online menggunakan fanart sebagai umpan untuk membuat korban mengunduh file berbahaya serta memasukkan detail perbankan,” tambahnya.

Tips Agar Terhindar dari Phishing Situs Film Spider-Man

Phishing Spider-Man: No Way Home

Kaspersky memberikan beberapa tips agar terhindar dari bahaya phishing situs streaming film Spider-Man: No Way Home. Beberapa tips ini bisa diterapkan demi menjaga keamanan data, dan perbankan Anda.

Baca juga: Awas! Phishing Streaming Netflix Beredar

  • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda. 
  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
  • Perhatikan ekstensi file yang Anda download. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing. 

Menjaga keamanan data pribadi, dan perbankan adalah tanggung jawab Anda sendiri. Untuk itu lakukan beberapa tips ini agar terhindar dari bahaya phishing dan kejahatan siber lainnya. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0