Categories: INTERNET

Gangguan Facebook Gegara Human Error, Bisa Jadi Ulah Hacker

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Gangguan pada DNS dinilai menjadi penyebab utama mengapa layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down berbarengan pada Senin malam (4/10/2021). 

Menurut Chairman CISSReC, Pratama Persadha, kesalahan pada DNS dinilai cukup serius karena berdampak pula pada sistem komunikasi internal Facebook. 

Sekadar informasi, DNS atau Domain Name System adalah sistem yang mengantarkan URL ke sistem IP. Dalam kasus gangguan Facebook dkk, kemungkinan ada yang menarik keluar authoritative DNS route yang menyebabkan Facebook gangguan

“DNS ini mengantarkan URL tertentu dalam hal ini facebook.com ke IP tertentu dimana Facebook berada. Dalam kasus ini ada yang menarik keluar authoritative DNS route yang memungkinkan semua jaringan internet berkomunikasi dengan Facebook. Hal ini bisa juga terjadi karena human error,” ujarnya.. 

Analisa ini semakin diperkuat dengan dengan perbaikan yang harus dilakukan di pusat data Facebook. Artinya, para engineer Facebook juga tidak bisa mengakses sistem Facebook dari luar pusat data karena ketiadaan DNS.

Baca juga: WhatsApp, Instagram dan Facebook Mulai Pulih

Lebih lanjut, ia pun berpendapat bahwa kesalahan sistem di kasus ini cukup serius. Buktinya sistem untuk komunikasi di internal Facebook juga ikut down, di saat yang sama ketika aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram bermasalah.

“Pegawai Facebook menggunakan Outlook untuk berkomunikasi sementara, karena sistem komunikasi internal mereka juga ikut down. Bahkan sejumlah pegawai Facebook langsung diturunkan ke pusat data mereka untuk menangani masalah,” jelas Pratama.

Baca juga: Kekayaan Mark Zuckerberg Anjlok Rp 85,6 Triliun

Penyebab lain yang mungkin terjadi karena hacker. Pasalnya bukan kali ini saja ekosistem Facebook mengalami gangguan dan tidak bisa diakses dalam waktu yang cukup lama. 

“Namun, kemungkinan peretasan itu juga ada. Jika akar permasalahanya di DNS, penyebabnya bisa miss configuration oleh kesalahan manusia atau karena peretasan. Karena memang sudah berkali-kali down, dan kalau disebabkan kesalahan konfigurasi atau human error, sepertinya tidak mungkin bisa terulang terus,” tutupnya. 

Penyebab Gangguan Versi Facebook

Di sisi lain, raksasa media sosial telah menjelaskan penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook gangguan. Penyebabnya karena adan perubahan konfigurasi router backbone yang salah, sehingga menyebabkan layanan tidak bisa dibuka. 

Menurut keterangan resmi, penyebab gangguan berasal dari router backbone Facebook. Hal ini yang menyebabkan Facebook, WhatsApp, sampai Instagram mengalami down dan tidak bisa dibuka. 

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” tutur Facebook. 

Baca juga: Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” sambung perusahaan milik Mark Zuckerberg ini.  

Saat ini Facebook mengklaim bahwa semua layanan telah pulih dan perusahaan telah menemukan penyebab error dari gangguan di layanan mereka kemarin. (NM/MF)

Leave a Comment