Neuralink Berhasil Implan Chip Pertama ke Otak Manusia

Telset.id, Jakarta – Neuralink, perusahaan pengembang chip otak untuk manusia telah berhasil melakukan implan atau menanam chip pertamanya pada manusia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Elon Musk.

Bagi yang belum tahu, Neuralink merupakan perusahaan pengembang chip otak untuk antarmuka antara otak dan komputer, perusahan ini dimiliki oleh Elon Musk.

Dilansir Telset dari Gizmochina pada Selasa (30/01/2024), seorang pasien yang menjalani prosedur implantasi chip Neuralink pada hari Minggu telah berhasil dan berada dalam keadaan sehat, menurut Elon Musk.

BACA JUGA:

Keberhasilan implantasi ini bukan hanya menjadi bukti ambisius dari Neuralink saja, tetapi menandai keberhasilan dalam pengembangan di bidang antarmuka otak-komputer.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada tahun lalu telah melakukan uji coba pada manusia, dan keputusan ini menjadi peluang penting dari implantasi yang dilakukan Neuralink.

Tujuan utama dari uji coba FDA ini memungkinkan pasien yang mengalami lumpuh untuk mengendalikan antarmuka digital, seperti kursor komputer atau keyboard melalui pikiran mereka saja.

Implantasi dilakukan dengan presisi oleh robot bedah, dan melibatkan penempatan implan di wilayah otak yang mengatur keinginan untuk bergerak. Lalu, implan ini juga menggunakan benag implan yang dirancang sangat halus untuk menangkap sinyal saraf, mengubah pikiran menjadi tindakan di dunia digital. 

Perusahaan tersebut menamai produk chip pertamanya dengan nama Telepathy, yang mana ini cukup berhubungan dengan sebuah kemampuan dari cerita-cerita fiksi ilmiah di novel atau pun film.

Namun ada hal lain yang harus diperhatikan dari keberhasilan perkembangan ini, penting untuk memberikan pengawasan ketat untuk kegiatan yang dilakukan oleh Neuralink. 

Karena, ada kekhawatiran mengenai protokol keselamatan yang diterapkan oleh perusahaan, terutama mengingat denda yang dikenakan oleh Departemen Transportasi AS karena kesalahan penanganan bahan berbahaya.

BACA JUGA:

Selain itu, sekelompok anggota parlemen juga telah mendesak Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk menyelidiki potensi kesalahan penafsiran yang dilakukan Musk, mengenai keamanan teknologi Neuralink, karena ada laporan efek buruk dalam uji coba pada hewan. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI