Mirip Twitter X, Meta Uji Coba Fitur Trending Topic di Threads

Telset.id, Jakarta – Meta sekarang sedang melakukan uji coba fitur baru Trending Topic di media sosial terbarunya, Threads. Fitur ini akan bekerja seperti fitur Trending Topic di Twitter X.

Melalui fitur Trending Topic, para pengguna media sosial milik Meta ini memiliki kemampuan untuk mengetahui jenis pembahasan apa yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna lainnya di aplikasi.

Berdasarkan postingan Mark Zuckerberg di Thread, dikatakan bahwa aplikasi ini sudah mulai melakukan uji coba fitur Trending Topic untuk saat ini, namun hanya terbatas di Amerika Serikat saja.

BACA JUGA:

“Kami melakukan uji coba sederhana terhadap Trending Topic pada hari ini di Threads di AS. Kami akan meluncurkan fitur ini di lebih banyak negara dan bahasa setelah kami melakukan penyesuaian,” tulis Zuckerberg.

Fitur ini akan memunculkan topik di kurun waktu tertentu yang sedang ramai didiskusikan orang lain dan akan muncul dalam pencarian. Ini lalu diselingi di antara postingan di feed For You aplikasi, menurut Meta.

“Tren spesifik yang dibicarakan akan ditentukan oleh sistem AI kami berdasarkan apa yang sedang dilakukan orang-orang saat ini di Threads,” kata Adam Mosseri, Head of Instagram.

Menariknya, Threads akan menampilkan tren terkait politik dan pemilu. Perusahaan mengumumkan pada pekan lalu bahwa mereka tidak akan lagi menyarankan hal yang berkaitan dengan konten politik di menu rekomendasinya, kecuali pengguna memilih untuk melihat konten bermuatan politik.

Namun Meta telah mengonfirmasi bahwa pembatasan tidak akan berlaku pada fitur trending. Lalu, juru bicara Meta mengatakan kepada Engadget bahwa konten politik bisa menjadi sebuah topik yang ramai dibicarakan.

“Konten politik bisa menjadi trending. Namun, kami hanya akan menghapus topik politik jika melanggar Pedoman Komunitas kami atau kebijakan integritas lain yang berlaku,” ujar juru bicara tersebut.

Penamabahan fitur ini telah menjadi jawaban dari permintaan dari banyak pengguna Threads yang berharap menjadikan media sosial ini lebih bermanfaat sebagai kanal informasi terbaru.

Walaupu AI akan menjadi penentu bahasan apa yang menjadi tren, tampaknya Meta tetap berencana untuk melakukan kurasi terhadap apa yang akan muncul di Trending Topic. Karena, perusahaan ingin topik tetap sesuai dengan aturannya dan tidak memberikan informasi yang menyesatkan.

BACA JUGA:

Setidaknya untuk saat ini kita sudah mengetahui Zuckerbeg sedang berupaya menghadirkan fitur ini dan akan menyediakan fitur ini di berbagai negara dengan beragam bahasa dalam waktu yang akan datang. [FY/IF]

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI