Ada Copilot, Microsoft Pensiunkan Cortana di Akhir Tahun 2023

Telset.id, JakartaMicrosoft beberapa waktu lalu telah memperkenalkan Windows Copilot, dan ternyata ini menandai perusahaan hentikan aplikasi Cortana. 

Dalam sebuah dokumen dukungan baru yang pertama kali ditemukan oleh Windows Central, perusahaan telah mengumumkan bahwa akan hentikan dukungan aplikasi Microsoft Cortana untuk sistem operasi Windows pada akhir tahun 2023.

Sebagai pengingat, Microsoft telah meluncurkan Cortana sebagai asisten untuk perangkat seluler Windows pada tahun 2014, lalu diperluas ke sistem operasi Windows di PC

BACA JUGA:

Seharusnya, asisten suara ini menjadi jawaban perusahaan untuk bisa bersaing dengan Siri buatan Apple, dan bahkan mendahului Alexa buatan Amazon, tetapi Cortana tidak pernah mencapai tingkat pengakuan dan popularitasnya. 

Lebih lanjut, Microsoft telah mengurangi rencananya untuk mendukung asisten suara Cortana hingga perusahaan hentikan versi aplikasi Android dan iOS-nya pada tahun 2021. Bahkan, versi smart speaker dari mitra perusahaan juga dihapus. 

Tetapi, untuk versi Windows, Cortana diubah Microsoft menjadi asisten digital bawaan dan membuatnys menjadi aplikasi sendiri untuk komputer dan ternyata ini menjadi akhir dari asisten suara ini. 

Dalam pengumuman penghentiannya, Microsoft menunjukan bahwa pengguna masih akan memiliki akses ke fitur produktivitas yang kuat di Windows dan Edge, yang telah ditingkatkan kemampuannya dengan AI. 

Pengumuman ini secara tidak langsung menyebutkan Bing versi baru yang saat ini ditenagai oleh teknologi GPT-4 dari OpenAI. Sementara itu, perusahaan juga memperkenalkan Microsoft 365 Copilot yang bisa membuat konten di aplikasi Office dengan perintah berbasis teks pada bulan Maret lalu. 

Lalu pada akhir bulan Mei, Microsoft mengungkapkan pada konferensi pengembang Build bahwa AI menjadi bagian yang sangat terintegrasi ke Windows 11 dengan menempatkan alat Copilot di sidebar platform ini. 

BACA JUGA:

Pengguna dapar menggunakan alat tersebut untuk melakukan tugas di OS Windows 11, seperti mengubah latar belakang komputer, atau bahkan mengedit foto dan meringkas dokumen tanpa harus membuka aplikasi atau mengubah pengaturan tertentu. 

Kemungkinan bessr, sangat sedikit orang yang merasa kehilangan asisten suara Cortana. Pengguna yang biasa menggunakan Cortana akan beralih ke Copilot, yang akan tersedia sebagai versi pratinjau untuk Windows 11 mulai bulan Juli ini.

https://www.engadget.com/microsoft-is-killing-the-standalone-cortana-app-for-windows-in-late-2023-142437631.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI