Facebook dan Instagram Bakal Jadi Situs Jual Beli NFT

Telset.id, Jakarta – Tren aset digital NFT menarik perhatian raksasa teknologi Meta. Kabarnya, Meta mau membuat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan, memamerkan, sekaligus jual dan beli aset NFT di Facebook dan Instagram.

Aset NFT yang sedang naik daun membuat Meta mau ciptakan fitur terkait aset kripto tersebut. Dari laporan The Financial Times, Meta ingin membuat fitur agar pengguna bisa membuat sekaligus melakukan transaksi jual beli NFT di Facebook dan Instagram.

“Tim di Facebook dan Instagram sedang mempersiapkan fitur yang memungkinkan pengguna menampilkan NFT sebagai gambar profil mereka, serta mengerjakan prototipe untuk memungkinkan pengguna membuat NFT baru,” kata The Financial Times.

Baca juga: Cara Jualan NFT di OpenSea

“Perusahaan juga sedang mendiskusikan peluncuran pasar bagi pengguna untuk membeli dan menjual NFT,” tambahnya.

Belum diketahui kapan fitur akan diluncurkan, pasalnya membangun fitur NFT sifatnya baru rencana awal. Tetapi rumor kalau Meta ingin merambah bisnis NFT memang sudah terdengar sejak lama.

Misalnya dari penuturan Kepala Instagram, Adam Mosseri pada Desember 2021 yang ingin mengeksplorasi NFT agar bisa diakses lebih luas oleh pengguna Instagram.

Baca juga: Kominfo Awasi Peredaran NFT

“Kami secara aktif mengeksplorasi NFT dan bagaimana kami dapat membuatnya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas,” ungkap Adam seperti dilansir Telset dari The Verge pada Jumat (21/1/2022).

Begitu juga dari pernyataan CEO Meta, Mark Zuckerberg. Zuckerberg pada Oktober 2021 sempat berujar kalau metaverse buatan Meta akan mendukung penggunaan NFT.

“Bagaimana pun metaverse perlu mendukung kepemilikan barang digital atau NFT,” ujar Mark.

Dari segi bisnis, memang NFT sangat menggoda karena penjualannya sudah menembus triliunan rupiah. Menurut riset dari DeppRadar di tahun 2021 penjualan aset digital itu sudah menembus angka USD 24,9 miliar atau Rp 356,3 triliun.

Baca juga: Apa Itu Aset Digital NFT?

Raihan ini sangatlah tinggi, melihat angka penjualan di tahun lalu saja hanya USD 94,9 juta atau Rp 1,35 triliun.

Kita tunggu saja bagaimana langkah Meta terkait perkembangan NFT. Bisa saja di beberapa bulan atau tahun mendatang, fitur jual beli NFT benar-benar ada sehingga Facebook dan Instagram bisa menjadi sarana untuk berjualan aset digital tersebut. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI