Akhirnya Meta Pulihkan Akun Instagram dan Facebook Donald Trump

Telset.id, Jakarta – Setelah sempat dibekukan, laporan terbaru mengungkapkan bahwa saat ini Meta telah memulihkan akun Instagram dan juga Facebook mantan presiden Amerika Donald Trump.

Keputusan Meta untuk pulihkan akun Instagram dan Facebook milik Trump saat ini, tampaknya sesuai dengan janji Meta yang sebelumnya mengatakan untuk memulihkan akun mantan presiden AS dalam beberapa minggu mendatang.

Dikutip Telset dari Engadget, meskipun sudah bisa aktif di dua platform media sosial tersebut, akun Trump akan diawasi secara ekstra oleh Meta, hal ini bertujuan untuk mencegah pelanggaran berulang yang kemungkinan dilakukan Trump.

BACA JUGA:

Seperti yang diketahui, Meta telah menangguhkan akun Facebook dan Instagram Trump sejak dua tahun lalu, tepatnya pada Januari 2021, menyusul peristiwa yang dikenal dengan pemberontakan Capitol.

Selain itu media sosial lain, seperti Twitter juga telah memblokir akun milik Trump. Penangguhan tersebut diakibatkan karena Trump mendukung setiap orang yang berpartisipasi dalam pemberontakan capitol.

Meta awalnya hanya mengunci akun Trump dalam jangka waktu 24 jam, karena dua pelanggaran kebijakan sebelum menangguhkan akun tanpa batas waktu tertentu.

Sementara itu, penangguhan akun Trump juga dibenarkan oleh Dewan Pengawas Meta, meskipun Dewan Pengawas Meta mengkritik penangguhan tanpa batas waktu, karena  tindakan tersebut dianggap larangan sewenang-wenang.

Setelah itu, Meta mengatakan akun Trum akan ditangguhkan selama dua tahun, setelah itu akun tersebut akan ditinjau kembali. Setelah dua tahun, pada akhir Januari, terungkap bahwa Trump akan segera mendapatkan kembali akses ke platform tersebut.

Tidak lama setelah itu, Trump dilaporkan telah mendorong Meta untuk memulihkan akunnya. Namun hingga pukul 14:30 ET Trump, yang sedang mencalonkan diri untuk menjadi presiden AS untuk ketiga kalinya, masih belum memposting konten apa pun di akun Facebook dan Instagram miliknya.

BACA JUGA:

Hal ini juga dikarenakan Trump memiliki kesepakatan dengan platform media sosialnya, yaitu Truth Social, yang mana Trump harus membagikan postingan media sosial di Truth Social terlebih dahulu dan tidak dapat memposting di platform lain, setidaknya selama enam jam setelah postingan di Truth Social.

Di sisi lain, Twitter telah memulihkan akun Trump pada akhir tahun lalu, namun dia juga masih belum memposting apa pun di platform media sosial favoritnya ini. Kemungkinan Trump masih khawatir mengenai satu hal yang ditulis Chrissy Teigen mengenai tentang dirinya. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI