Meta Garap Teknologi Chatbot AI, Mau Bersaing dengan ChatGPT?

Telset.id, Jakarta – Meta memperkenalkan alat penelitian untuk membangun chatbot berbasis kecerdasan buatan. Kabarnya, Meta ingin membuat chatbot AI yang kelak menjadi pesaing Bard milik Google serta ChatGPT milik Microsoft.

Alat yang bernama Large Language Model Meta AI atau LLaMA, diklaim mampu merancang teknologi AI dengan kemampuan menghasilkan teks, melakukan percakapan serta meringkas materi tertulis agar lebih dipahami. Cara kerja teknologi Meta ini mirip seperti chatbot AI macam ChatGPT atau Bard.

“LLaMA telah menunjukkan banyak janji dalam menghasilkan teks, melakukan percakapan, meringkas materi tertulis, dan tugas yang lebih rumit seperti memecahkan teorema matematika atau memprediksi struktur protein, ” kata CEO Meta Mark Zuckerberg.

BACA JUGA:

Untuk saat ini LLaMA tidak digunakan di produk Meta seperti Facebook dan Instagram. Pada tahap awal teknologi AI ini hadir dalam format open source, supaya memudahkan peneliti AI yang ingin mengembangkan teknologi AI menggunakan LLaMA.

Zuckerberg juga tidak memberi tanggapan terkait apakah LLaMA nantinya akan menghasilkan chatbot AI seperti ChatGPT atau Bard.

“Meta berkomitmen pada model penelitian terbuka ini,” tulis Zuckerberg seperti dikutip Telset dari Gadget 360 pada Senin (27/02/2023).

Meta sebelumnya meluncurkan model bahasa besar berbasis AI yang disebut OPT-175B dan juga Galactica pada akhir tahun lalu. Sayangnya, kedua teknologi AI itu dengan cepat ditarik kembali setelah para peneliti menemukan bahwa teknologi membagi informasi yang bias dan tidak akurat.

Sementara itu, Zuckerberg telah menjadikan AI sebagai prioritas utama di dalam perusahaan, sering berbicara tentang pentingnya meningkatkan produk Meta demi mendongkrak pendapatan perusahaan.

Meskipun LLaMA tidak digunakan dalam produk Meta saat ini, kemungkinan akan digunakan di masa mendatang.

Membuat model LLaMA open-source memungkinkan pihak luar untuk melihat lebih jelas bagaimana sistem bekerja, menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka, dan berkolaborasi dalam proyek terkait.

BACA JUGA:

Tren teknologi chatbot AI memang sedang ramai diperbincangkan. Apalagi pasca kehadiran ChatGPT yang diluncurkan oleh Open AI pada November 2022 lalu.

Dilanjutkan dengan Google yang membuat platform serupa yakni Bard, pada beberapa minggu lalu. Lantas apakah Meta akan membuat chatbot serupa dengan teknologi LLaMA? So, kita tunggu saja ya kabar selanjutnya. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI