Kena Bug, Circle Tweet Twitter Bisa Dilihat Semua Orang

Telset.id, Jakarta – Fitur Circle Tweet di Twitter mengalami gangguan atau bug. Akibatnya tweet yang sifatnya privasi malah muncul ke timeline publik sehingga pengguna lain bisa melihatnya.

Sekedar informasi kalau Circle Tweet adalah fitur Twitter, yang bisa dipakai untuk memposting tweet ke pengguna tertentu saja. Anda bisa memilih siapa saja yang dapat melihat tweet Anda sehingga privasi bisa lebih terjaga.

Misalnya ke teman dekat atau keluarga Anda, sehingga cuitan bisa lebih intim karena hanya dilihat beberapa orang saja. Namun, gara-gara bug membuat Circle Tweet malah muncul ke publik sehingga bisa dilihat semua pengguna seperti tweet biasa.

Informasi ini pertama kali diungkapkan oleh developer bernama Theo Brown, yang memiliki akun Twitter @t3dogg. Dirinya mengatakan kalau salah satu cuitannya yang dibuat dalam format Circle Tweet dapat dilihat oleh akun lain @TheSahilDev.

BACA JUGA:

Padahal akun tersebut tidak masuk dalam list pengguna, yang masuk dalam Circle Tweet. Bahkan Theo tidak mengikuti akun @TheSahilDev. Bug ini sangat meresahkan Theo dan meminta tim Twitter Engineering mengatasi masalah tersebut.

“Mengonfirmasi bahwa seseorang yang bahkan tidak saya ikuti dapat melihat tweet pribadi Twitter Circle (terima kasih @TheSahilDev) Ini sangat merusak kepercayaan pada platform. Harus menjadi prioritas utama @TwitterEng,” cuitnya pada Sabtu (08/04/2023).

Bug pada Circle Tweet ternyata telah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Dikutip Telset dari Engadget pada Selasa (11/04/2023), sudah banyak pengguna yang melapor kejadian serupa yakni tweet dilihat oleh orang-orang di luar lingkaran mereka atau yang diizinkan melihat.

Masalah lainnya adalah tidak ada label yang menunjukkan kalau cuitan berstatus sebagai Circle Tweet. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena privasi pengguna Twitter bisa terganggu akibat bug ini.

BACA JUGA:

Twitter belum memberikan tanggapan mengenai kasus ini, sehingga kita tidak tahu apakah bug di Circle Tweet telah diperbaiki atau belum.  [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI