INTERNET

Durasi CES 2022 Dipangkas Gegara Tingginya Kasus Covid-19 Omicron

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Durasi perhelatan CES 2022 dipangkas akibat kasus Covid-19 varian Omicron yang naik di Amerika Serikat (AS). Durasi acara yang pada awalnya digelar 4 hari dipotong menjadi 3 hari saja.

Consumer Technology Association atau CTA sekalu panitia CES 2022 mengumumkan, lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron di AS membuat acara hanya diselenggarakan dari 5 sampai 8 Januari 2022 saja di Las Vegas.

Dilansir Telset dari CNET pada Sabtu (1/1/2022), Amerika Serikat mencatat 431 ribu kasus Covid-19 harian yang jauh lebih tinggi dibandingkan puncak pandemi pada 8 Januari 2021, yang ketika itu jumlahnya sampai 294 ribu kasus harian.

Baca juga: CES 2022 Digelar di Tengah Bahaya Omicron

“Kami mempersingkat pertunjukan menjadi 3 hari dan telah menerapkan langkah-langkah kesehatan yang komprehensif untuk keselamatan semua pengunjung dan peserta,” ucap Presiden dan CEO CTA, Gary Shapiro dalam sebuah pernyataan.

Lalu mereka yang hadir secara langsung harus menyerahkan bukti vaksinasi Covid-19 dan melakukan tes antigen dalam waktu 24 jam. Tes antigen menggunakan alat Abbot BinaxNow yang dibagikan oleh panitia secara gratis.

Kemudian selama acara masker tetap harus dipakai dan panitia akan menyediakan masker di lokasi acara agar peserta bisa menggantinya sendiri. Tes PCR gratis juga akan disediakan untuk peserta internasional yang memerlukan tes untuk kembali ke negara asal setelah pertunjukan berakhir.

Banyak Perusahaan Batal Hadir di CES 2022

Sekedar informasi bahwa banyak perusahaan seperti Meta, Amazon, Microsoft, Twitter, Google, hingga Mercedes-Benz yang batal menghadiri acara secara tatap muka CES 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. Alasannya mayoritas karena khawatir akan kasus Covid-19 varian Omicron yang terus naik.

“Kami tidak akan menghadiri pameran secara langsung, karena masalah kesehatan masyarakat yang berkembang terkait dengan Covid-19,” kata juru bicara Meta.

“Kami tidak dapat berada langsung di tempat acara, karena situasi yang berubah dengan cepat dan ketidakpastian di sekitar varian Omicron,” jelas juru bicara Amazon.

Baca juga: Meta dan Amazon Mundur dari CES 2022

Sedangkan perusahaan lain yang batal hadir yakni Mercedes, beralasan ingin mengutamakan keselamatan karyawan dan pelanggan, karena acara yang digelar tatap muka bisa membuat virus menyebar dengan cepat.

“Karena kesehatan dan keselamatan pelanggan, mitra, karyawan, dan tamu adalah prioritas utama kami. Mengingat situasi saat ini sehubungan dengan virus Covid-19, oleh karena itu kami memutuskan untuk membatalkan partisipasi Mercedes-Benz AG di CES 2022, setelah konsultasi intensif,” ungkap juru bicara Mercedes-Benz AG. (NM/MF)

Leave a Comment