Bug Bounty Zoom Dibuka, Cari Celah Keamanan Dapat Hadiah Uang

Telset.id, Jakarta – Zoom mengadakan program Bug Bounty di tahun ini untuk mengajak para ahli keamanan siber menemukan kerentanan atau celah pada aplikasi.

Menurut Ricky Kapur selaku Head of APAC Zoom, keamanan siber menjadi prioritas utama perusahaan. Pihaknya pun membentuk tim riset keamanan siber global yang terampil melalui program Bug Bounty melalui platform HackerOne.

“Sebagai salah satu aplikasi komunikasi virtual yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, sangatlah penting bagi Zoom untuk berinvestasi dalam meningkatkan keamanan siber sistem,” jelas Ricky.

Baca juga: Ada Filter Hewan Unik di Aplikasi Zoom

Program Bug Bounty Zoom telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Selama program berjalan, Zoom telah merekrut lebih 800 ahli keamanan siber.

Kemudian pada tahun 2021, Zoom berhasil memperoleh 401 laporan bug dan memberikan hadiah sebesar USD 1,8 juta atau setara Rp 25,8 miliar kepada bug hunter yang menemukan kerentanan di Zoom.

Zoom Bug Bounty
Kenaikan total hadiah yang diberikan Zoom

“Kami telah belajar dan bertumbuh pesat di 2021, dan kami bersemangat untuk mengembangkan upaya dan kerja keras ini bersama para hackers yang etis di tahun 2022,” ujar Ricky.

Program Bug Bounty Zoom 

Program Bug Zoom

Program Bug Bounty hanya berlaku bagi pihak yang sudah dipilih oleh ahli keamanan siber berdasarkan rekam jejak mereka sebelumnya.

HackerOne menghitung statistik untuk setiap ahli berdasarkan rasio signal-to-noise, dampak yang dihasilkan dari program yang pernah mereka kerjakan, dan reputasi para ahli.

Semua faktor tersebut membantu mengukur seberapa relevan dan memungkinkan hasil temuan mereka untuk ditindaklanjuti.

Dalam program berburu bug dan kerentanan, aplikasi video conference ini kembali menghadirkan Bounty Menu berupa hadiah kepada para ahli yang besarannya berdasarkan jenis celah keamanan pada Zoom yang ditemukan.

Baca juga: Mikrofon Zoom Tetap Aktif Walau Rapat Sudah Berakhir

Zoom tidak memberikan informasi nilai hadiah yang diberikan untuk program tahun 2022. Namun merujuk pada program Bug Bounty edisi Januari 2021 lalu, Zoom memberikan hadiah tertinggi hingga USD 50 ribu atau Rp 717,9 juta untuk satu laporan.

Sedangkan hadiah terendah senilai USD 250 atau Rp 3,5 juta. Artinya mungkin saja hadiah tahun 2022 memiliki nominal yang sama dengan tahun lalu atau bisa lebih tinggi.

Bagi Anda yang tertarik dengan program tersebut, silakan kirim e-mail berisi profil HackerOne Anda ke bugbounty@zoom.us atau kunjungi halaman karir Zoom untuk melihat lowongan yang tersedia dalam tim Trust and Security. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0