Hacker Ransomware LockBit Sebar Data BSI ke Dark Web

Telset.id, Jakarta – Hacker ransomware Lockbit, membagikan data milik Bank Syariah Indonesia (BSI) ke situs dark web. Hal ini dilakukan usai negosiasi antara Lockbit dan Bank BSI tidak menemui titik temu.

Dalam postingan akun @darktracer_int pada Selasa (16/05/2023), terlihat 2 gambar yang berisi file data yang disebar Lockbit di situs dark web, serta pernyataan LockBit terkait data Bank BSI.

Di gambar yang pertama terlihat kalau ada lebih dari 10 file yang dibagikan oleh LockBit. Nama file bermacam-macam mulai dari Retail Banking, Financing Operation, Dokumen Syarat Akad dan lain sebagainya.

Sementara di gambar yang kedua berisi pernyataan LockBit yang meminta masyarakat Indonesia untuk berhenti menggunakan BSI. Lalu mengajak nasabah BSI untuk meminta kompensasi ke pihak bank atas kasus ini.

BACA JUGA:

Adapun menurut akun @darktracer_int penyebab LockBit menyebarkan data Bank Syariah Indonesia, karena negosiasi antara keduanya gagal dan bank tidak memberikan tebusan yang sesuai dengan permintaan hacker.

“Masa negosiasi telah berakhir, dan grup ransomware LockBit akhirnya mempublikasikan semua data yang dicuri dari Bank Syariah Indonesia di dark web,” cuit @darktracer_int.

Sebelumnya LockBit mengaku sebagai dalang penyebab layanan BSI, mengalami gangguan beberapa hari yang lalu serta melakukan ransomware atau mencuri 1,5 TB data milik Bank Syariah Indonesia.

Hacker berbahaya itu mempunyai 15 juta data berukuran 1,5 TB milik BSI. Data tersebut bersifat sensitif karena karena terdiri dari data nasabah, data karyawan, dokumen rahasia dan lain sebagainya.

Disebutkan juga kalau LockBit sedang melakukan negosiasi dengan pihak BSI terkait data ini, dan kalau negosiasi gagal maka data akan dibocorkan di internet melalui situs-situs hacker.

BACA JUGA:

Sayangnya negosiasi pun gagal, dan akhirnya LockBit membagikan data yang dicurinya itu ke Dark Web. Patut disayangkan kejadian ini karena data-data tersebut dikhawatirkan dapat dimanfaat oleh hacker untuk melakukan kejahatan siber ke masyarakat Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI