GoTo dan TBS Energi Bangun Pabrik Motor Listrik di Cikarang

Telset.id, Jakarta –¬†Electrum yang merupakan perusahaan patungan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk mengumumkan dimulainya pembangunan pabrik motor listrik di Indonesia.

Pembangunan pabrik ini merupakan komitmen Electrum, sekaligus mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik sebagai upaya transisi energi berkelanjutan Indonesia.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir menyatakan terobosan ini merupakan bukti kesiapan Electrum dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik roda dua dalam negeri.

‚ÄúPembangunan pabrik ini merupakan bagian dari penerapan komitmen kami untuk mendukung target pemerintah menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang menyeluruh mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik untuk meningkatkan penggunaan motor listrik,” ungkap Pandu.

BACA JUGA:

Pabrik yang berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini akan dibangun di lahan seluas tiga hektar, dan memiliki kapasitas produksi sampai dengan 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian. Pembangunan pabrik berwawasan lingkungan dengan konsep green factory yang akan dilengkapi dengan energy management system, waste management system dan water treatment.

Pabrik ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2024 dan memulai produksi pada tahun yang sama.

“Selain mendukung secara konkrit target pemerintah dalam memproduksi sembilan juta motor listrik pada tahun 2030, pembangunan pabrik ini juga sejalan untuk Indonesia net-zero emission 2060,” sambung Pandu.

Di sisi lain Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo menegaskan dukungan Grup GoTo bagi Electrum merupakan langkah besar dalam upaya GoTo mencapai target Nol Emisi dengan transisi armada menjadi kendaraan listrik secara penuh di tahun 2030.

Pasalnya sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta, layanan GoRide menggunakan kendaraan listrik telah menghadirkan berbagai kemajuan serta melihat besarnya antusiasme serta sambutan positif dari mitra pengemudi dan konsumen.

“Penggunaan motor listrik membantu mitra pengemudi kami mengurangi biaya operasional, dengan meniadakan biaya bahan bakar dan penggantian oli transmisi. Konsumen pun mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dari kendaraan listrik tersebut,” ujar Catherine.

BACA JUGA:

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Sabtu (24/06/2023), Catherine menambahkan dalam waktu dekat GoTo berencana untuk mempermudah kepemilikan motor listrik bagi mitra pengemudi, sekaligus memperluas layanan GoRide Electric untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI