Apple Ajak Developer Ciptakan Aplikasi Khusus untuk Vision Pro

Telset.id, Jakarta – Apple merilis visionOS SDK demi mendukung kecanggihan perangkat Vision pro. VisionOS SDK memungkinkan developer atau pengembang membuat aplikasi untuk produk headset AR/VR pertama Apple.

Tidak seperti produk Apple lainnya, headset AR/VR ini akan menggunakan kombinasi dari 3 mode interaksi yang berbeda, yakni menggunakan mata, tangan, dan suara seseorang. Dengan begitu, raksasa Cupertino mengajak mereka untuk berkreasi membuat aplikasi sesuai dengan kecanggihan Vision Pro.

Dikutip Telset dari Gadgets 360 pada Sabtu (24/06/2023), SDK visionOS bisa dipakai pengembang untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di perangkat canggih ini.

Dalam membuat aplikasi komputasi spasial di Vision Pro, pengembang harus mengunduh Xcode 15 Beta 2 yang menyertakan SDK visionOS terbaru. Nantinya alat buatan Apple ini akanĀ  memvisualisasikan dan membuat pratinjau konten 3D untuk headset yang bernama Reality Composer Pro.

BACA JUGA:

Selain itu pengembang juga dapat menggunakan simulator untuk visionOS, sehingga developer bisa berinteraksi dengan aplikasi saat dibuat, sambil menguji bagaimana tampilannya dalam hal kondisi pencahayaan atau tata letak ruangan yang berbeda.

SDK visionOS berusaha memberikan kemudahan pengembang dalam membuat aplikasi untuk Vision Pro secara menyeluruh. Demi mendukung SDK visionOS, Apple bakal membuat laboratorium pengujian yang bisa diakses pengembang pada Juli 2023 mendatang.

Laboratorium pengembang ini akan didirikan di Cupertino, London, Munich, Shanghai, Singapura, dan Tokyo. Insinyur perusahaan Apple di masing-masing negara tersebut juga akan tersedia untuk memberikan dukungan kepada pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk headset AR/VR ini.

Seperti diketahui kalau Apple meluncurkan produk headset AR/VR pertama mereka, yakni Vision Pro pada Mei 2023 lalu. Headset ini memiliki banyak fitur canggih, sehingga dapat memberikan pengalaman realitas virtual yang menarik bagi pengguna.

BACA JUGA:

Vision Pro akan tersedia di Amerika Serikat awal tahun 2024 seharga USD 3.499 atau Rp 52 jutaan. Apple juga akan menjual produk ini ke berbagai negara lainnya pada tahun 2024 mendatang. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI