Google Pindahkan Posisi Address Bar Chrome Versi iOS

Telset.id, Jakarta – Google memberikan fitur baru di aplikasi Chrome untuk perangkat berbasis iOS yang mana dilakukan pemindahan posisi address bar yang biasanya di atas kini berada di bawah layar.

Dikutip Telset dari Engadget pada Rabu (01/11/2023), Google telah meluncurkan kemampuan untuk memindahkan bilah alamat atau address bar Chrome iOS ke bagian bawah layar dari yang awalnya di atas. Fitur yang sifatnya fleksibel karena pengguna bisa memindahkannya kembali ke atas sesuai keinginan.

Idenya adalah untuk mempermudah menjangkau bilah alamat dengan jempol penggunaa seperti yang dapat pengguna iPhone lakukan di Safari dan Opera di perangkat seluler, yang keduanya memungkinkan untuk memindahkan elemen di layar.

BACA JUGA:

Address Bar Google Chrome

Cara memindahkannya pun mudah. Pengguna cukup menekan lama bilah URL lalu memilih fitur “Move address bar to bottom” pada opsi yang muncul. Cara ini berlaku pula apabila pengguna ingin  memindahkannya kembali ke bagian atas layar, meskipun pengguna juga dapat menemukan fitur baru ini di menu pengaturan.

Google belum memberi tanggapan apakah fitur serupa akan hadir di Android atau tidak. Hanya saja fitur memindahkan posisi Address Bar di Chrome sudah dilakukan uji coba atau Test Flight pada Agustus 2023 lalu, sebelum akhirnya diluncurkan. Kini pengujian masih terus dilakukan untuk membawa fitur ini ke PC atau laptop.

Berbagai pembaruan fitur memang terus dilakukan Google untuk Chrome versi iOS. Misalnya saja pengguna Chrome versi iOS melalui iPhone dapat dengan mudah mengakses alamat yang tersedia ada di halaman website, berkat adanya fitur Google Maps.

BACA JUGA:

Untuk mendeteksi alamat, kalian hanya perlu menekan alamat di dalam laman web dan akan muncul opsi lihat dengan Google Maps di Chrome. Dengan memilih opsi ini browser Chrome akan menampilkan Google Mpas yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan arahan ke alamat yang ada di halaman atau membuka aplikasi Google Maps.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI