Google dan Garmin Bakal Hadirkan SOS Satelit di 150 Negara

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Raksasa teknologi Google berpotensi melakukan kerja sama dengan Garmin, untuk menghadirkan layanan pesan darurat atau Emergency SOS berbasis satelit di lebih dari 150 negara.

Informasi ini berasal dari pengguna X, Neïl Rahmouni yang melihat beberapa perubahan pada antarmuka pengguna aplikasi Google Messages. Perubahan ini mengisyaratkan penggabungan fitur pesan satelit dan menunjukkan keterlibatan Garmin.

“Sepertinya Google Messages mungkin menggunakan Garmin Response untuk SOS Darurat Satelit. Jika benar, ini berarti pesan Satelit Darurat akan tersedia di 150 lebih negara,” cuitnya.

BACA JUGA:

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Selasa (29/08/2023), Google belum memberikan konfirmasi terkait isu ini, tetapi memilih Garmin untuk menciptakan layanan SOS Satelit langkah yang tepat. Layanan satelit Garmin menjangkau lebih dari 150 negara, mencakup setiap benua.

Dengan begitu ini bisa memberi Google keunggulan dalam menawarkan layanan darurat yang universal dan kritis, membuat teknologi benar-benar dapat diakses pada saat dibutuhkan.

Sementara Apple telah membuat langkah dengan fitur SOS Darurat, jangkauannya masih terbatas. Google, dengan kemungkinan bergabung dengan Garmin dapat mengisi celah ini dan memperluas teknologi penyelamat jiwa ke daerah-daerah yang jauh di dunia.

Kemudian dengan rilis Android 14 yang sudah dekat, semua mata tertuju pada Google untuk mengungkapkan langkah selanjutnya. Fitur SOS satelit berpotensi menjadi game-changer, menawarkan lebih banyak orang jaring pengaman yang layak mereka dapatkan, di mana pun mereka berada.

BACA JUGA: 

Seperti diketahui kalau layanan SOS Satelit sudah ada di iPhone 14 Series. Fitur satelit ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks ke layanan darurat ketika tidak ada jaringan seluler atau koneksi Wi-Fi yang tersedia. Fitur ini juga bisa digunakan tanpa penambahan perangkat keras atau perangkat lunak tambahan.

Sementara itu fitur serupa juga telah diluncurkan Huawei melalui Huawei P60 Series bernama SMS Satelit. Sesuai namanya fitur ini memungkinkan pengguna bisa menerima dan mengirimkan pesan via SMS melalui koneksi satelit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI