ChromeOS 117 Diluncurkan, Bawa Banyak Peningkatan Fitur!

Telset.id, Jakarta – Google meluncurkan ChromeOS 117 untuk Chromebook. Pembaruan membawa sistem Material You Design, serta banyak peningkatan fitur seperti pengaturan cepat, notifikasi, kontrol pengisian baterai, pengaturan aksesibilitas warna dan masih banyak lagi.

Dikutip Telset dari Gadgets 360 pada Minggu (01/10/2023), pengaturan cepat di Google Chromebook ChromeOS 117 menampilkan kontrol seperti Wi-Fi, Bluetooth, Nearby Share, Cast Screen, VPN, Screen Capture, dan Do Not Disturb dalam tata letak grid bukan lingkaran kecil seperti versi OS sebelumnya.

Pembaruan terbaru juga menghadirkan panel notifikasi baru di kanan bawah layar yang memungkinkan pengguna mengakses pesan, email, dan peringatan baru lainnya dari aplikasi.

Fitur menarik lainnya adalah Adaptive Charging yang berfungsi untuk meningkatkan masa pakai baterai. Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengunjungi laman Settings, lalu pilih Device dan Power.

Setelah diaktifkan, fungsi ini akan memperlambat pengisian daya ketika baterai mencapai kapasitas 80 persen.

BACA JUGA:

Peningkatan signifikan lainnya yang tersedia dalam pembaruan ChromeOS 117 termasuk dukungan GIF di pemilih emoji, perekaman interval view di aplikasi Kamera, Telex Vietnam yang ditingkatkan, dan pengalaman metode input VNI dan banyak lagi.

Dengan ChromeOS 117, pengguna juga dapat mencari GIF di aplikasi pemilih emoji yang tersedia. Google juga menambahkan perbaikan pada Calendar View yang kini dapat menampilkan pertemuan mendatang dan memungkinkan pengguna bergabung langsung dalam obrolan melalui Google Meet melalui tombol.

Pembaruan menghadirkan tema warna dinamis ke perangkat Chromebook berdasarkan nuansa wallpaper. Sehingga warna aksen akan beradaptasi dengan mode terang dan gelap serta dapat diakses dari aplikasi Wallpaper and Style dengan mengklik kanan pada desktop.

BACA JUGA:

Update ChromeOS 117 diharapkan dapat menjangkau semua perangkat yang memenuhi syarat secara otomatis over-the-air (OTA). Namun, pengguna Chromebook dapat memeriksa secara manual apakah update tersedia di perangkat mereka dengan membuka Settings > About ChromeOS > Check for updates. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI