Gig Economy dengan Platform Digital Ciptakan Ketahanan Ekonomi

Telset.id, Jakarta – Hadirnya gig economy dengan platform digital telah menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel, dan terbukti menjadi solusi dalam membantu banyak orang mempertahankan pendapatan mereka selama masa pandemi Covid-19.

Banyak orang telah menemukan peluang bisnis baru dan juga cara untuk menjadikan dirinya pengusaha lewat platform digital.

Indonesia telah mengalami angka pengangguran yang fluktuatif selama enam tahun terakhir, terutama dengan adanya pandemi Covid-19 yang membawa ketidakpastian baru.

{Baca juga: Grab, Ovo & Tokopedia Kompak Kampanye “Patungan untuk Berbagi”}

Namun, dengan hadirnya gig economy yang kian berkembang – di mana platform digital menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel – telah terbukti menjadi solusi dalam membantu banyak orang mempertahankan pendapatan mereka selama masa-masa sulit.

Banyak orang telah menemukan peluang bisnis baru dan juga cara untuk menjadikan dirinya pengusaha. Platform digital seperti Grab membantu menghubungkan penjual dan penyedia layanan ke konsumen yang lebih luas.

Platform ini tidak hanya memberikan kesempatan kerja bagi pekerja transportasi on- demand, tetapi juga memperluas jangkauan pasar bagi usaha mikro dan kecil menengah (UMKM), yang mendukung pertumbuhan ekosistem perdagangan.

Banyak pekerja mandiri (gig worker) telah bekerja keras untuk menemukan cara dalam meningkatkan potensi penghasilan mereka. Semangat kewirausahaan, ditambah dengan jam kerja yang fleksibel dan otonomi kerja yang lebih besar, pada akhirnya membantu menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics pada bulan Januari 2020 menemukan bahwa gig economy yang didukung platform teknologi seperti Grab mendukung ketahanan ekonomi Indonesia.

Terbukti gig economy telah memberikan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal, yang merupakan 56,5% dari angkatan kerja Indonesia dan merangsang pertumbuhan bisnis kecil dan penciptaan lapangan kerja di luar platform.

Inovasi teknologi dalam gig economy daring telah menciptakan efisiensi kerja bagi orang-orang yang memanfaatkannya untuk mendapatkan mata pencaharian yang lebih baik, menjadikan konsep gig work menjadi cara yang menarik untuk mendapatkan penghasilan.

{Baca juga: Cuma 29 Menit, GrabFood Tercepat Antar Pesan Makanan}

Alfindra Primaldhi, Direktur Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menjelaskan bahwa tren ekonomi digital di Indonesia akan terus meningkat dan mendorong pertumbuhan ekosistem, sehingga semakin banyak orang yang menjadi pekerja mandiri.

Di tengah PHK selama pandemi, terdapat peningkatan jumlah mantan pekerja kantoran yang bermigrasi untuk menjadi penyedia layanan melalui platform digital, atau membuka usaha mikro rumahan untuk menggantikan pekerjaan mereka, dengan tujuan mendapatkan sumber pendapatan.

Memberdayakan Diri dan Komunitas

Gig Economy Grab

Konsep gig work telah terbukti menawarkan tidak hanya sarana bertahan hidup sementara selama pandemi, tetapi juga stabilitas keuangan untuk jangka panjang.

Banyak pekerja mandiri terus memberikan dukungan dan layanan kepada komunitas mereka selama pandemi, bahkan ketika menghadapi risiko terhadap kesehatan mereka.

Pada saat yang sama, untuk terus mengembangkan keterampilan kewirausahaan, mereka telah bekerja keras untuk memanfaatkan program peningkatan keterampilan dan pelatihan yang ditawarkan.

{Baca juga: Grab Diguyur Modal Rp 3 Triliun oleh Perusahaan Amerika}

Pelatihan diberikan untuk membantu mereka memberikan layanan yang lebih baik; menemukan lebih banyak peluang pendapatan; dan akses ke manfaat seperti perawatan kesehatan untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Melalui kemitraan dengan platform digital, mereka mampu membangun kehidupan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri dan keluarganya, sekaligus memastikan bahwa masyarakat tetap memperoleh akses kepada barang- barang dan layanan penting.

Mereka juga dapat memanfaatkan berbagai keuntungan yang disediakan oleh platform seperti Grab, salah satunya adalah perlindungan kesehatan. Hal ini terbukti penting bagi beberapa mitra untuk dapat melanjutkan pekerjaannya. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI