Facebook Messenger Tinggalkan Apple Watch Mulai 1 Juni 2023

Telset.id, Jakarta – Facebook Messenger akan meninggalkan Apple Watch, mulai tanggal 1 Juni 2023. Diduga Meta selaku perusahaan induk Facebook Messenger sengaja menghapus aplikasinya di Watch karena ingin meningkatkan pendapatan dari iklan.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Jumat (12/05/2023), pengumuman itu datang melalui pemberitahuan rahasia di aplikasi Apple Watch, sehingga membuat banyak pengguna tidak menyadarinya.

Kabar ini juga menjadi pukulan telak, bagi pengguna Messenger yang sudah terbiasa mengaksesnya melalui jam pintar buatan Apple. Pasalnya mereka dapat mengirim dan menerima pesan dengan mudah tanpa harus mengakses iPhone.

Selain itu pengguna juga bisa membuat postingan dan mengunggah foto langsung dari Apple Watch mereka, sehingga lebih praktis dan menghemat waktu. Juru bicara Facebook mengkonfirmasi kalau kebijakan untuk menghapus Messenger di Apple Watch benar adanya dan mulai dilakukan pada 1 Juni 2023.

BACA JUGA:

Apple Watch Facebook Messenger

Hal ini hanya berlaku untuk Apple Watch saja, sehingga Messenger masih bisa diakses melalui aplikasi iPhone, desktop, atau situs web. Pengguna Watch juga masih menerima pemberitahuan pesan masuk Messenger dari Watch, tetapi untuk membuka pesan harus menggunakan iPhone.

Spekulasi mengenai motif di balik keputusan Facebook Messenger meninggalkan Watch,  kemungkinan berkaitan dengan finansial. Sepertinya baik Facebook atau Meta, selaku perusahaan induk ingin memaksimalkan pendapatan iklan di Messenger.

Harapannya dengan menghilangkan aplikasi Apple Watch, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi Facebook Messenger via iPhone yang mengarah ke peningkatan tayangan iklan.

Apalagi langkah strategis ini sejalan dengan tujuan Meta untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari iklan. Spekulasi yang terdengar logis, mengingat Meta di tahun 2023 ini memang ingin meningkatkan pendapatan iklan di aplikasi yang dikelolanya seperti Facebook Messenger yang memiliki banyak pengguna.

BACA JUGA:

Hanya saja, kebijakan ini terkesan mendadak dan tidak memikirkan kenyamanan pengguna. Tidak menutup kemungkinan alih-alih pendapatan iklan meningkat, Messenger malah kehilangan pengguna khususnya dari kalangan pemilik Apple Watch. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI