INTERNET

Elon Musk Bisa Beli Twitter karena Pengkhianatan Jack Dorsey

Sigit Nugraha
Share

Telset.id – Ada tuduhan bahwa keputusan Elon Musk beli Twitter tak lepas dari pengkhianatan sang mantan CEO, Jack Dorsey. Adalah Jason Goldman, mantan anggota dewan sekaligus tim pendiri Twitter, yang melontarkannya.

Kepada Bloomberg, Goldman meyakini bahwa keputusan Elon Musk beli Twitter berkat dorongan Jack Dorsey. Sebab, awalnya, Musk melakukan pembicaraan untuk sekadar bergabung menjadi bagian dari dewan Twitter.

BACA JUGA: Investor Berulah di RUPS, Elon Musk Jadi Nggak Beli Twitter?

Goldman, yang sekarang merupakan wakil presiden produk Twitter, mengatakan bahwa ketua perusahaan, Bret Taylor, dan CEO Parag Agrawal telah membuat kesepakatan dengan Musk untuk mengangkat sebagai direktur.

Kesepakatan mereka adalah Musk boleh bergabung tetapi tidak membeli mayoritas saham. Pengajuan beberapa hari kemudian mengungkap bahwa Musk memiliki 9,2 persen saham di Twitter atau setara 73,4 juta lembar.

Telset kutip dari New York Post, Jumat (27/5/2022), Kepemilikan sebesar itu merupakan paling banyak di antara semua pemegang saham. Musk lantas meminta kepada dewan Twitter untuk mengadakan pertemuan.

Dalam pertemuan itu, Dorsey berbagi pandangan pribadi bahwa Twitter bisa lebih fokus kepada eksekusi sebagai perusahaan swasta. Goldman menyebut, komentar Dorsey memunculkan sebuah kecurigaan pengkhianatan.

“Para pemegang saham Twitter ingin Musk mematuhi persyaratan penawaran tender USD 54,20 per lembar,” kata Goldman. Tapi, Musk berkata bahwa kesepakatan ditangguhkan karena kekhawatiran tentang akun spam dan bot.

Twitter pun menyatakan niat untuk menegakkan perjanjian kendati ada keraguan dari Musk. Analis percaya bahwa Musk hanya mencari cara untuk menegosiasikan ulang harga pembelian, terutama setelah saham Twitter anjlok.

“Tidak ada penundaan kesepakatan!” cetus Goldman. Goldman membuat komentar sehari sebelum Twitter mengadakan pertemuan pemegang saham tahunan pada Rabu (25/5/2022). Tidak lama kemudian, Musk mundur.

Musk hanya akan melakukan pengambilalihan senilai USD 44 miliar. Dorsey mendukung akuisisi oleh Musk. Ia setuju dengan visi bos Tesla dan SpaceX untuk memungkinkan kebebasan berekspresi yang lebih besar di situs tersebut.

BACA JUGA:

Dorsey telah secara resmi keluar dari dewan direksi Twitter ketika masa jabatan berakhir dalam rapat pemegang saham. Dorsey mengindikasikan akan pergi meninggalkan dewan pada tahun ini. Begaimana tanggapan Musk?

Musk menyesali kepergian Dorsey . “Saya penggemar Jack. Saya berharap ia akan tetap menduduki posisi di dewan Twitter. Di lain sisi, saya sangat mengerti bahwa ia ingin pindah,” demikian cuitan Musk di media sosial Twitter.

Leave a Comment