Dukung Fortnite, Facebook Sebut Apple Mata Duitan

Telset.id, Jakarta  – Facebook bersimpati terhadap Fortine, menyebut bahwa kebijakan Apple di Apple App Store sebagai sebuah bentuk sikap mata duitan. Pernyataan Facebook memperkeruh sengketa Apple dan Fortnite.

Pertarungan antara Fornite dan Apple akan diperjuangkan atas dasar hukum. Namun, Epic Games selaku pengembang Fortnite menyatakan siap memenangkan kasus di pengadilan berkat dukungan luas dari publik.

{Baca juga: Ada Delapan Game Indie Baru di Epic Games Store}

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (16/8/2020), Facebook mengecam biaya kaku Apple sebesar 30 persen untuk pembelian Fortnite di App Store. Facebook pun kemudian menantang Apple.

“Kami meminta Apple mengurangi pajak 30 persen di App Store. Contohlah kami yang menawarkan Facebook Pay untuk menanggung biaya bisnis yang berjuang selama Covid-19,” kata kepala aplikasi Facebook, Fidji Simo.

Menurut laporan, Apple menolak permintaan Facebook. Apple hanya akan membayar 70 persen dari pendapatan. Padahal, pebisnis yang memakai Facebook Pay untuk transaksi mendapat 100 persen pemasukan.

Epic Games sudah menggugat Apple dengan tuduhan melakukan praktik monopoli. Epic Games minta Apple menurunkan biaya yang dibebankan kepada pengembang aplikasi yang punya ketergantungan tinggi.

{Baca juga: Gara-gara Sistem Pembayaran, Fortnite ‘Ditendang” dari App Store}

Apple membebankan komisi 30 persen kepada pengembang untuk pembelian dalam aplikasi. Apple juga membatasi perusahaan aplikasi untuk memberi tahu pengguna tentang opsi pembelian dengan harga lebih murah.

Seperti diketahui sebelumnya, Fortnite ‘ditendang’ dari App Store setelah pembuat game meluncurkan sistem pembayaran di dalam aplikasi. Langkah yang diambil Apple ini sontak memunculkan perselisihan di komisi aplikasi antara perusahaan dan pencipta Fortnite, Epic Games.

Seperti dilansir New York Post, Epic Games menggugat Apple menyusul larangan ini. Pasalnya, langkah yang diambil Apple itu secara efektif melarang unduhan baru Fortnite ke perangkat iPhone atau iPad.

Fortnite ‘ditendang’ dari App Store setelah Epic Games meluncurkan sistem pembayaran langsung. Berkat ini, pengguna yang memilih untuk membayar ke Epic Games akan menerima diskon 20 persen untuk pembelian aplikasi. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -