Blibli Bikin Situs Vomoshop untuk Ukur Potensi Penipuan Online

Telset.id, Jakarta – PT Global Digital Niaga atau yang lebih dikenal dengan Blibli membuat situs e-commerce bernama Vomoshop. Situs ini ditujukan untuk mengukur potensi penipuan online yang bisa dialami masyarakat.

Seperti diketahui, saat ini perilaku FOMO (Fear of Missing Out), sebuah perasaan takut ketinggalan berbagai hal baru, seperti produk baru, tren, atau hal lainnya, sedang meningkat seiring dengan kebiasaan belanja online yang juga terus meningkat.

Dikutip Telset dari keterangan resmi, dengan maraknya hal tersebut, Blibli ingin menganalisa penyebab semakin tingginya ancaman dan risiko penipuan online di masyarakat dengan eksperimen sosial melalui situs Vomoshop.

BACA JUGA:

Situs tersebut dibuat bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Asosiasi Ecommerce Indonesia-idEA, para pemilik merek, media massa dan komunitas.

Sementara itu, eksperimen ini juga bertujuan untuk mengukur potensi penipuan yang bisa dialami orang Indonesia, disamping melakukan edukasi literasi berbelanja online yang aman melalui hashtage #IngatVOMO. VOMO sendiri merupakan singkatan dari Verifikasi, Observasi, Mudah Akses Info, dan Official.

Untuk mengetahui seberapa jauh literasi digital dan kesadaran diri pengguna dalam menjaga keamanan digital saat bertransaksi online, eksperimen ini menyertakan rangkaian, mulai dari iklan digital dengan penawaran harga tidak masuk akal pada situs Vomoshop dan mengajak masyarakat untuk checkout produk yang diiklankan.

Namun, yang perlu dicatat adalah situs ini dirancang untuk tidak meminta data pribadi pengunjung dan tidak ada pembayaran yang dilakukan, dan di saat pengunjung melakukan checkout, situs akan mengedukasi para pengguna.

Sementara itu, eksperimen ini juga merupakan hasil kolaborasi bersama berbagai brand, seperti Acer, Hush Puppies, Melissa, Dream, TCL, Bioderma, Saff & Co, Polytron, dan Caffino.

BACA JUGA:

Septriana Tangkary Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo RI menjelaskan sangat mengapresiasi kehadiran situs ini karena sudah melakukan edukasi pelanggan melawan berbagai penipuan online.

“Kami sangat mengapresiasi langkah inovatif Blibli dalam meluncurkan situs Vomoshop sebagai upaya mengedukasi pelanggan untuk melawan kejahatan penipuan ketika melakukan belanja online,” tutup Septiana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI