Bisnis Semikonduktor Makin Anjlok, AI Jadi Harapan untuk Pemulihan

Telset.id, Jakarta – Industri semikonduktor saat ini sedang menghadapi perubahan dalam dinamika penawaran serta permintaannya, namun semakin menurun dalam waktu ke waktu dan teknologi AI menjadi harapan pemulihan bisnis ini.

Sebagai pengingat, situasi bisnis semikonduktor sedang dalam kondisi krisis yang membuat bisnis ini semakin memburuk, dan permasalahan ini telah berlangsung sejak kuartal kedua tahun 2022 lalu.

Pasar bergulat dengan persediaan yang penuh, namun di sisi lain harga terus menurun dan permintaan yang lesu. Tetapi, di tengah situasi yang menantang ini, ada secercah harapan bagi industri semikonduktor berkat pesatnya pertumbuhan sektor AI (Artificial Intelegence).

BACA JUGA:

Berdasarkan laporan IT Home pada 3 Juli, permintaan chip di bidang AI saat ini sedang meningkat. Perusahaan seperti Nvidia, Broadcom, dan AMD telah mengenali tren ini dan secara aktif berinvestasi di TSMC, perusahaan semikonduktor asal Taiwan.

Selain itu, permintaan chip 3nm dari Apple iPhone dan Mac diperkirakan akan berkontribusi secara signifikan terhadap upaya pemulihan pendapatan TSMC di paruh kedua tahun 2023 ini.

Didorong oleh meningkatknya permintaan di sektor AI, ketiga perusahaan besar tersebut terus meningkatkan pesanan chip dengan teknologi 5nm dan 7nm buatan TSMC dari waktu ke waktu sejak kuartal kedua.

Selain itu, mereka juga bersaing ketat untuk kapasitas produksi CoWoS (Chip-on-Wafer-on-Substrate) dari TSMC, menghasilkan peningkatan hingga lebih dari 20%.

Orang dalam industri ini telah mengakui bahwa pendorong pertumbuhan utama produsen besar ini terletak pada lonjakan permintaan akan teknologi AI.

Khususnya, Nvidia mengantisipasi peningkatan pendapatan yang mengejutkan sebesar 50% untuk kuartal terakhir, yakni dari Mei hingga Juli mencapai $11 miliar yang mengesankan, berkat pengiriman GPU bertenaga AI.

BACA JUGA:

Ketika perusahaan terus berinvestasi dalam teknologi mutakhir dan memanfaatkan potensi teknologi kecerdasan buatan,situasi bisnis semikonduktor di masa depan tampaknya terkait dengan kemajuan dan terobosan dalam teknologi AI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI