INTERNET

Android TV 13 Resmi Diperkenalkan, Apa Saja yang Baru?

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – OS untuk smart TV, yakni Android TV 13 akhirnya resmi diperkenalkan ke publik. Terdapat beberapa pembaruan yang dibawa oleh OS baru tersebut, sehingga pengguna smart TV bisa lebih nyaman dalam menikmati tayangan di layar kaca.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Minggu (4/12/2022), perkenalan Android TV 13 dinilai lebih cepat dibandingkan kemunculan Android TV seri-seri sebelumnya.

Selain itu kalau secara tampilan atau UI, tidak terlalu banyak perubahan yang dibawa oleh OS Android TV 13. Hal ini sengaja dilakukan, karena pembaruan lebih banyak dilakukan di bagian backend untuk mendukung kinerja smart TV.

Misalnya pengguna bisa mengatur resolusi dan refresh rate pada perangkat smart TV. Hal ini cukup berguna, untuk mengatur apabila jaringan internet sedang lambat, pengguna bisa mengatur TV dengan resolusi yang lebih rendah.

BACA JUGA: 

Berikutnya penghematan daya pada tingkat OS telah ditingkatkan secara umum, termasuk penambahan metode yang memungkinkan perangkat untuk menjeda pemutaran jika sinyal HDMI berubah menjadi sesuatu yang baru.

API AudioManager kini mendukung rute audio antisipatif untuk format audio dan grup speaker yang didukung. Ada Keyboard Layouts API baru di Android TV 13, yang memungkinkan pemilihan tata letak bahasa yang berbeda untuk keyboard eksternal.

Beberapa perubahan pada cara pemetaan keyboard dan tombol pengontrol ditangani juga diterapkan, khusus untuk digunakan oleh pengembang game.

Privasi dan aksesibilitas juga telah ditingkatkan. Status sakelar bisu perangkat keras atau Hardware mute switch states sekarang tersedia di kontrol privasi sistem, dan ada kontrol terbaru yakni akses terhadap mikrofon di Google Assistant.

BACA JUGA: 

Sayangnya Android TV 13 tidak diluncurkan ke pengguna dalam waktu dekat. Namun, pengembang aplikasi dan game untuk smart TV bisa mengakses OS terbaru ini menggunakan kit pengembang ADT-3 atau Android Emulator untuk TV. [NM/IF]

Leave a Comment