Mirip iPhone 14, OS Android 14 Bakal Punya Fitur SMS Satelit

Telset.id, Jakarta – SMS Satelit menjadi salah satu fitur unggulan yang ramai diperbincangkan usai Apple membawanya ke iPhone 14 Series. Namun, pengguna Android tidak perlu khawatir karena Google kabarnya akan merilis SMS Satelit di OS Android 14.

Dikutip Telset dari Phone Arena pada Minggu (23/7/2023), informasi ini pertama kali dibocorkan oleh akun Twitter @GooglePixelFC, yang merupakan akun penggemar smartphone Pixel.

Akun anonim tersebut menjelaskan kalau SMS Satelit akan hadir di Android melalui OS Android 14 yang kini sedang dikembangkan. Nantinya seri pertama yang akan memperoleh fitur tersebut adalah Google Pixel dan Samsung Galaxy.

“SMS Satellite akan ditambahkan ke Android, dan membutuhkan perangkat keras yang sesuai, terserah pabrikannya. Pixel dan Galaxy akan menjadi yang pertama memilikinya,” cuit Google Pixel FC.

BACA JUGA: 

Belum ada informasi resmi dari Google atau Android terkait isu ini. Meski begitu Bos Samsung Mobile TM Roh sempat memberikan isyarat kalau Samsung Galaxy bisa saja didukung oleh fitur tersebut.

“Ketika ada waktu yang tepat, infrastruktur, dan teknologi [sudah] siap, maka tentu saja untuk Samsung Galaxy, untuk divisi seluler kami, kami juga akan secara aktif mempertimbangkan untuk mengadopsi fitur ini,” ungkap TM Roh.

Semoga saja smartphone Android seperti Pixel dan Galaxy bisa kedapatan fitur tersebut. Pasalnya fungsi SMS Satelit akan membantu mereka dalam berkomunikasi.

Di iPhone 14, fitur ini memungkinkan pengguna yang menghadapi situasi darurat di area tanpa sinyal seluler, untuk terhubung ke satelit yang mengorbit untuk melaporkan situasi tersebut ke Apple Replay Center.

BACA JUGA:

Kemudian Apple Replay Center memberitahu penyedia layanan darurat untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dalam keadaan bahaya.

Fitur ini telah membantu pengguna iPhone, salah satunya seorang pria yang diselamatkan setelah terdampar di Alaska. Dalam insiden lain, dua wanita diselamatkan setelah terdampar di British Columbia. [NM/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI