INTERNET

Situs Pemantau Trafik Web Alexa.com akan Tutup Tahun 2022

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Setelah hampir 25 tahun beroperasi di jagat internet global, Alexa.com mengumumkan bahwa mereka akan ditutup. Rencananya situs pemantau trafik web ini akan berhenti beroperasi atau ditutup tahun depan.

Dilansir Telset dari Support Alexa pada Kamis (9/12/2021), tim Alexa.com mengatakan bahwa menghentikan layanannya adalah keputusan yang sulit. Alasannya karena situs tersebut telah beroperasi selama hampir 2 dekade.

Namun keputusan tersebut harus diambil, sehingga situs Alexa akan ditutup pada tanggal 1 Mei 2022 mendatang.

“25 tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022,” ujar Alexa.com.

Baca juga: Resmi! Blanja.com Ditutup per 1 September 2020

Anak perusahaan Amazon ini juga mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan, atas kepercayaan yang sudah diberikan. Apalagi selama ini Alexa Internet selalu menjadi rujukan untuk melihat peringkat situs yang memiliki trafik yang tinggi dan lain sebagainya.

“Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Kami bangga melayani Anda sebagai pelanggan. Terima kasih dengan tulus, tim Alexa.com,” tambah Alexa.

Dalam keterangannya dibahas juga mengenai nasib pengguna yang berlangganan di situs tersebut. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan bahwa pelanggan bisa melakukan ekspor data, dan melakukan pembayaran terakhir pada tanggal 1 April 2022.

“Tanggal penagihan langganan terakhir adalah sebelum 1 April 2022 UTC. Pelanggan akan terus memiliki akses ke Alexa.com hingga 1 Mei 2022 UTC,” katanya.

Kemudian sejak tanggal 8 Desember 2021, Alexa telah menutup pintu untuk pelanggan baru karena tahun depan akan layanan akan ditutup.

“Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru pada 8 Desember 2021 UTC. Pelanggan dengan langganan yang ada akan terus memiliki akses ke langganan mereka hingga 1 Mei 2022 UTC,” sambungnya.

Baca juga: Amazon Siapkan Alat Pelacak Tidur dengan Radar

Sekedar informasi bahwa Alexa Internet, Inc adalah anak perusahaan Amazon yang berdiri pada tahun 1996. Perusahaan ini menawarkan layanan informasi seputar trafik web yang dipublikasikan melalui situs Alexa.com.

Di situs tersebut tersedia informasi seputar trafik website, mulai dari situs berita online, e-commerce, dan lain sebagainya. Biasanya Alexa akan menampilkan rangking terkait siapa saja website yang memiliki trafik yang tinggi.

Data-data di Alexa banyak dipakai untuk rujukan mengetahui performa website, serta melihat performa website kompetitor. [NM/HBS]

 

Leave a Comment