5 Rekomendasi Cold Wallet Terbaik Untuk Simpan Crypto

Telset.id – Berbicara tentang aset crypto tentunya tak bisa lepas dari wallet crypto. Karena dengan memilih dompet crypto terbaik maka akan menghilangkan rasa khawatir ketika menyimpan aset crypto dari hasil trading atau investasi crypto.

Kemajuan teknologi membuat para developer membangun crypto wallet dengan sistem keamanan yang tinggi sehingga akan sulit ditembus oleh orang-orang tak bertanggung jawab atau kejahatan di dunia maya.

Keamanan Penuh dengan Cold Wallet Crypto

Cold wallet crypto adalah alat keamanan crypto yang memberikan keamanan tinggi karena tidak terhubung ke internet. Ini berarti kunci pribadi dan kata sandi  disimpan secara offline, melindunginya dari risiko peretasan.

Dengan menggunakan teknologi ini, meskipun komputer diretas, aset crypto akan tetap aman. Dompet crypto ini memerlukan otorisasi fisik untuk setiap transaksi. Artinya pengguna harus menekan tombol fisik pada perangkat untuk mengkonfirmasi transaksi. Ini menambah keamanan karena tidak ada akses fisik ke dompet, tidak ada yang bisa mengirim aset crypto kamu.

Sekarang ini banyak cold wallet crypto yang bisa digunakan. Tapi manakah wallet crypto terbaik? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cold wallet crypto terbaik yang bisa dipilih:

1. Pintu Web3 Wallet

Pintu merupakan salah satu aplikasi exchange crypto terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu, Pintu juga sudah terdaftar dan diawasi BAPPEBTI, sehingga tak heran jika Pintu memberikan fasilitas dan fitur yang lengkap untuk penggunanya. Dengan begitu, pengguna akan merasa nyaman dan aman ketika bertransaksi dengan aset crypto.

Sekarang ini Pintu memiliki fitur web3 wallet yang aman untuk semua orang, dengan tampilan yang sederhana tetapi mampu memberikan perlindungan yang tinggi.

BACA JUGA:

Pintu sebagai dompet crypto juga menawarkan layanan deposit Rupiah dan aset crypto yang dapat ditransfer langsung ke rekening bank di Indonesia seperti BCA, BNI, Bank Mandiri dan Bank Permata, hingga dompet digital OVO, GoPay dan ShopeePay.

Wallet ini menggunakan teknologi Multi-Party Computation (MPC) dan memiliki fitur-fitur penting seperti Web3 Firewall dan Cloud backup. Web3 Firewall memberikan lapisan keamanan tambahan untuk memastikan transaksi pengguna tetap aman dan terlindungi. Sedangkan Cloud backup menyimpan MPC key share di layanan cloud pribadi pengguna.

Berikut beberapa keunggulan web3 wallet:

  • Perlindungan Teknologi MPC

Key dibagi jadi beberapa bagian, salah satunya disimpan pengguna. Menghapus risiko satu titik kegagalan (SPOF).

  • Preview Transaksi

Pengguna bisa mendapatkan rincian secara lengkap dari apa yang akan ditransaksikan di web3.

  • Deteksi Penipuan

Dengan menggunakan web3 wallet dari Pintu maka pengguna akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan, karena firewall web3 mampu mendeteksi penipuan yang akan merugikan. Pengguna akan diberi tahu jika transaksi berisiko penipuan.

  • Berbagai Pilihan Jaringan

Dengan menggunakan web3 wallet Pintu maka pengguna mendapatkan kelebihan berbentuk akses situs Web3 di Ethereum, BNB Chain, Arbitrum, dan Polygon dengan mudah. Sehingga memiliki banyak pilihan. Sementara itu jaringan lainnya akan segera tersedia.

Cara Masuk ke web3:
1. Pilih mode web3
2. Tambah crypto ke wallet
3. Jelajahi situs web3
4. Hubungkan dengan WalletConnect
5. Mulai transaksi!

Nah, untuk yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.

2. Trezor

Sebagai wallet crypto perangkat keras tertua di antara semua dompet saat ini, Trezor masih menjadi pilihan populer di kalangan investor crypto, terutama karena dompet crypto menerima lebih dari satu Ribuan jenis mata uang crypto mulai dari Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH).

Keamanan platform lebih mengkhawatirkan dibandingkan platform Trezor, penerapan sistem PIN akan membuat para hacker akan penuh karena waktu tunggu untuk memasukkan PIN akan terus bertambah jika tidak ketahuan kodenya salah. PIN yang digunakan diperbarui setiap kali dompet crypto ini diakses.

Keamanan luar biasa ini berasal dari kemitraan Trezor dengan platform keamanan Electrum dan Copay, yang terkenal dengan sistem keamanan digitalnya yang tahan peretasan.

Trezor Aman 3

Trezor Safe 3 merupakan penawaran terbaik dari Trezor karena menawarkan fitur yang sama dengan cold wallet crypto termahal namun dengan harga yang lebih murah. Trezor Safe 3 hadir dengan layar OLED monokromatik dimana pengguna dapat melihat informasi transaksi dan konektivitas USB-C karena tidak memiliki Bluetooth.

Beberapa fitur keamanan dompet Trezor ini antara lain fitur aman (EAL6+) dan kata sandi untuk membuka kunci perangkat pengguna sehingga menyulitkan peretas untuk mencuri aset pengguna. Fitur lain dari dompet Trezor adalah Shamir Backup, yang membagi kata sandi kamu menjadi 16 bagian untuk membantu pengguna memulihkan kata sandinya jika hilang.

Selain dompet Trezor, aplikasi Trezor Suite tersedia di ponsel, desktop, dan browser. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengirim, menerima, dan memperdagangkan lebih dari 8.000 mata uang crypto.

3. Ledger Nano Plus

Ledger Nano S Plus adalah dompet entry-level dari Ledger. Meski begitu, Ledger Nano S Plus menawarkan fitur yang sama dengan Ledger Nano yang lebih mahal. Perbedaan utama antara keduanya adalah Ledger Nano Aplikasi yang digunakan semua perangkat Ledger adalah Ledger Live.

Ini adalah aplikasi seluler dan aplikasi desktop. Pengguna dapat menggunakannya untuk membeli koin dengan kartu kredit, memperdagangkannya menggunakan bursa seperti 1Inch dan lainnya, atau menyetor koin.

Selain itu, Ledger Nano S Plus mendukung lebih dari 5,500 koin, sama dengan Nano X yang lebih mahal, dan pengguna dapat menyimpan NFT di dompet mereka.

4. Blockstream Jade

Blockstream Jade Wallet adalah wallet crypto offline yang dijual dengan harga murah dan ringkas yang dirancang untuk pengguna Bitcoin dan Liquid Network.

Dompet kecil dengan layar IPS LCD 29mm dan bodi hitam matte membuat penggunaan nyaman tanpa mengorbankan performa. Berfokus pada keamanan, dompet Jade menawarkan penyimpanan kunci offline, enkripsi perangkat keras, dan teknologi Multisig Shield.

Yang unik adalah kemampuan bisnis langsung secara penuh, menggunakan kamera internal untuk memindai dan menampilkan kode QR, meningkatkan keamanan dengan menghindari koneksi USB atau Bluetooth.

5. Ngrave Zero

NGRAVE ZERO Wallet adalah dompet perangkat keras yang menonjol karena fitur keamanan canggihnya. Produk berbasis di Belgia yang didirikan pada pertengahan tahun 2018 ini dikenal sebagai salah satu produk keuangan pertama di dunia yang menerima sertifikat keamanan tinggi, EAL7, yang menjamin standar keamanan tertinggi di dunia.

BACA JUGA:

Fitur utama NGRAVE ZERO antara lain desainnya yang sepenuhnya offline, sehingga tidak memerlukan koneksi kabel atau jaringan untuk komunikasi. Dompet ini menggunakan kode QR untuk transaksi yang diverifikasi oleh aplikasi NGRAVE Liquid, memastikan bahwa pembuatan kunci enkripsi dan operasi keamanan dilakukan di lingkungan jarak jauh yang aman.

Selain itu, perangkat ini mendukung lebih dari 1,000 crypto, termasuk koin besar seperti Bitcoin, Ethereum, token ERC20, dan NFT. Perangkat ini mudah digunakan, dengan layar sentuh berwarna beresolusi tinggi.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI