Telkomsel Enggan Berkomentar Terkait Internet Gratis Selama PSBB

Telkomsel Internet Gratis

Telset.id, Jakarta – Telkomsel enggan berkomentar terkait  kemungkinan menerapkan kebijakan internet gratis saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini Telkomsel sedang fokus memberikan layanan yang maksimal terhadap pelanggan.

VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan bahwa Telkomsel mengikuti arahan Kominfo selama pelaksanaan PSBB.

{Baca juga: PM Muhyiddin: Internet Gratis untuk Warga Malaysia Selama Lockdown}

Caranya dengan memberikan jaringan dan layanan yang optimal selama pelaksanaan PSBB ataupun belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.

“Telkomsel berkomitmen untuk tetap menjalankan operasional layanan secara optimal guna memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Denny kepada Telset.id pada Kamis (09/04/2020).

Denny memang tidak mau mengomentari terkait kemungkinan layanan internet gratis kepada masyarakat. Tetapi Denny mengklaim jika Telkomsel telah memberikan paket internet gratis untuk mengakses beberapa aplikasi, seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Cakap, Bahaso dan aplikasi CloudX Telkomsel.

“Program bebas akses kuota data untuk mendukung aktivitas e-learning dan e-productivity dihadirkan dengan tetap mengedepankan pengamanan kapasitas jaringan yang optimal, sehingga kualitas layanan secara menyeluruh bisa tetap terjaga, yang menyesuaikan kebutuhan utama dari masyarakat untuk tetep terkoneksi dalam periode PSBB nanti,” tambah Denny.

{Baca juga: Kominfo Bisa Berikan Layanan Internet Gratis, Begini Caranya}

Sikap Telkomsel sendiri berbeda dengan apa yang dikatakan oleh Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) saat diminta tanggapannya soal wacana memberikan layanan Internet gratis buat pekerja informal selama PSBB.

Wakil Ketua ATSI, Merza Fachys menilai jika kebijakan internet gratis bisa dilakukan di Indonesia terlebih jika pemerintah benar-benar ingin memberikan layanan tersebut ketika penerapan PSBB berlangsung.

“Wacana internet gratis bisa saja kalau pemerintah memang ada rencana untuk compensate,” kata Merza kepada Tim Telset.id pada Rabu (08/04/2020).

Sedangkan  Sekjen Pusat Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB, Ridwan Effendi menilai jika internet gratis bisa diterapkan dengan mengalokasikan dana USO untuk menerapkan kebijakan tersebut.

{Baca juga: Internet Digratiskan Selama PSBB? Begini Tanggapan ATSI}

“Pada prinsipnya tidak ada yang gratis, tapi selalu ada perputaran uang, dalam hal ini bisa saja pemerintah membolehkan alokasi dana USO dari operator sebagian dipakai,” kata Ridwan kepada Tim Telset.id pada Kamis (09/04/2020). [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here