telset

InSight, Wahana Antariksa NASA Mendarat di Mars

Telset.id, Jakarta – InSight, wahana antariksa yang dikirim NASA sejak enam bulan lalu, akhirnya mendarat sempurna di permukaan Planet Mars. Peristiwa itu disambut kegembiraan luar biasa di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat, Selasa (27/11/2018).

Dikutip Telset.id dari The New York Times, InSight diproyeksikan meneliti kandungan bawah tanah sisi terbuka Mars yang disebut Martian. InSight bakal pula meneliti jejak kegempaan dan formasi lapisan debu di planet tersebut.

Wahana InSight diluncurkan enam bulan lalu dari pangkalan udara Vandenberg. Ia menjalani penerbangan sejauh 300 juta mil. Begitu mendarat, InSight mengirim foto pertama dari permukaan Mars.

Sorak sorai dan histeria terlihat di pusat kontrol begitu para staf menyaksikan foto pertama kiriman InSight.  Jim Bridenstine, administrator NASA, memantau detik demi detik proses pendaratan wahana InSight. “Sungguh mengesankan,” kata Jim kepada NASA TV.

Sebulan ke depan, InSight akan meneliti segi geologis terkait pembentukan planet merah. Wahana itu mendarat di Elysium Planitia, lokasi dekat kutub utara Mars. InSight membawa dua instrumen besar penelitian. Pertama adalah paket peralatan seismometer dan penguji panas.

NASA menghabiskan dana tak kurang dari USD 814 juta untuk menyiapkan InSight. Prancis dan Jerman turut memberi kontribusi sebesar USD 180 juta terkait pembuatan instrumen utama.

Para ahli menggunakan peralatan pemantau terdahulu guna mendeteksi aktivitas kegempaan antara 10- 12 kali di planet Mars selama dua tahun terakhir.

Kegempaan tersebut diduga tidak terkait aktivitas tektonik, seperti terjadi di Bumi. Perkiraan awal, gempa terjadi akibat proses pendinginan di dalam lapisan planet.

InSight sebetulnya tidak sendirian meluncur ke Mars. Ada dua wahana satelit lain yang mengikutinya, yaitu Mars Cube One atau MarCO A dan B.

Roket yang dilaporkan menghabiskan dana hingga miliaran dollar dan melibatkan para ilmuwan top itu diluncurkan dari Pangkalan Udara Vandenberg di California pada 5 Mei 2018 lalu.

InSight sendri merupakan kependekan dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport, akan menjalankan tugas selama dua tahun untuk memperlajari lapisan planet Mars.

Roket InSight mempunyai tiga bagian. Bagian pertama merupakan tahap pelayaran yang akan lepas ketika InSight mulai memasuki atmosfer. Begian kedua, adalah lapisan penyerap panas yang bakal berfungsi mengurangi beban tekanan di atmosfer. Sementara ketiga adalah parasut yang berguna untuk mengurangi kecepatan. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0