Ini Cara Mengaktifkan BBM di Ponsel Android dan iPhone

Jakarta – Pada tanggal 21 September nanti, aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) sudah bisa dinikmati pengguna Android dan iPhone. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum mengunduh aplikasi BBM di perangkat Android atau iPhone Anda.

Seperti telah kami kabarkan sebelumnya, bahwa BBM untuk Android dan iPhone bisa mulai digunakan pada 21 September. BBM untuk Android mulai bisa diunduh di Google PlayStore pada 21 September pukul 18.00 ( jam 6 sore). Sedangkan pengguna iPhone mulai bisa mendownload aplikasi BBM di iOS AppStore enam jam kemudian atau pukul 00.00 WIB tanggal 22 September.

Aplikasi instant messaging andalan BlackBerry ini dipastikan bisa didownload secara gratis alias tidak berbayar. Namun tidak semua versi Android atau iOS bisa menjalankan BBM.

“Untuk perangkat Android, BBM lintas platform hanya dapat dijalankan mulai Android versi Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean ke atas. Sedangkan untuk iOS, minimum versi iOS 6,” jelas Krishnadeep Baruah, Senior Director Marketing APAC for BBM, di Foundry 8, SCBD, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Dan untuk bisa mendapatkan aplikasi BBM, lanjut dia, para pengguna Android dan iPhone harus lebih dulu masuk ke situs www.bbm.com melalui perangkat mereka. Selanjutnya, BBM.com akan mendeteksi perangkat yang digunakan sudah terinstalasi atau belum, dan apakah sudah mendukung atau tidak.

Setelah terdeteksi BBM.com, maka selanjutnya pengguna akan diarahkan ke Google Play atau ke iOS App Store untuk mendownload aplikasinya. Dan setelah berhasil didownload, pengguna diharuskan untuk registrasi untuk mendapatkan akun BlackBerry ID, atau jika sudah punya BlackBerry ID, bisa langsung menggunakan BlackBerry ID tersebut.

“Sama seperti pada handset BlackBerry, satu akun BlackBerry ID yang nanti digunakan pada perangkat Android dan iPhone juga hanya untuk satu handset saja,” tegasnya mengingatkan.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna Adroid dan iPhone akan mendapatkan PIN unik seperti PIN di handset BlackBerry. Dan akhirnya setelah BBM aktif, maka pengguna Android dan iOS sudah bisa menggunakan aplikasi BBM di perangkat mereka.

“Cara menggunakannya sama seperti mengoperasikan BBM di BlackBerry OS. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama,” kata Krishnadeep di hadapan ratusan tamu yang sebagian besar merupakan anggota komunitas Android dan iPhone.

Krishnadeep juga mengingatkan, bahwa saat ini BBM untuk perangkat iOS hanya bisa digunakan di perangkat iPhone, tidak bisa di tablet PC. Dan fitur BBM yang ditawarkan untuk Android dan iPhone, sebagian besar sama dengan BBM di BlackBerry.

Seperti misalnya BBM chat, BBM group, BBM broadcast message. “Nanti untuk versi ke depannya kami akan menambahkan beberapa fitur lainnya, BBM Music, BBM Video dan sejumlah in apps menarik lainnya.

Bahkan nanti ke depannya, tambah Krishnadeep, fitur BBM Channel juga akan ditambahkan ke layanan ini. “Sekarang masih belum ada, tapi kami akan segera mengumumkannya untuk Anda kalau sudah siap. Tunggu saja,” pungkas Krishnadeep.[HBS]

 

 Update :

Dikutip dari blog resminya(22/10), BlackBerry menerapkan sistem “antrian” untuk memastikan aplikasi BBM meluncur secara mulus. Prioritas pertama diberikan kepada pengguna yang telah memiliki BlackBerry ID atau telah mendaftarkan email-nya di situs bbm.com. Sementara pengguna yang belum mendaftar akan ditempatkan ke dalam antrian. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pengguna Android untuk bisa menggunakan aplikasi BBM.

  1. Download BBM – cara termudah adalah dengan mengunjungi BBM.com dari Android atau iPhone .
  2. Setelah Anda menginstal aplikasi, membukanya, dan masukkan alamat email Anda untuk menempatkan Anda dalam antrian.
  3. BlackBerry akan mengirimkan email kepada Anda segera setelah Anda berada di antrian terdepan dan dapat mulai menggunakan BBM.

 

 

 

 

 

Related Articles

34 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0