Ingin Liburan ke Luar Negeri? Lakukan Ini Pada Smartphone Anda

TravelJAKARTA – Jadi apa yang harus Anda lakukan dengan smartphone Anda saat akan melakukan perjalanan internasional? Tidak peduli apakah yang Anda miliki itu iPhone atau perangkat Android, ada beberapa hal yang akan membuat perjalanan Anda jauh lebih menyenangkan, lebih seru dan tentunya terhindar dari serangan jantung akibat tagihan yang melambung.

Berikut ini, adalah beberapa langkah sederhana untuk mengatur dan mempersiapkan ponsel Anda saat melakukan perjalanan internasional.

Langkah # 1 Dapatkan informasi tentang biaya roaming.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa dan mendapatkan informasi dengan baik tentang tarif roaming operator Anda untuk negara yang rencananya ingin Anda kunjungi. Anda juga harus mencari tahu mengenai tarif panggilan dan SMS, namun yang paling penting – perhatikan biaya untuk internet mobile yang sering Anda gunakan tentunya dan lihat apakah Anda bisa mendapatkan semacam penawaran menarik untuk mengakomodasi kebutuhan data yang mungkin akan sangat Anda butuhkan. Beberapa aplikasi Anda mungkin memutuskan untuk auto-update pada jaringan 3G / 4G saat Anda berada di negara lain.

Roaming XL Telkomsel roamingLangkah # 2 Roaming mobile data adalah hal yang mengerikan

Oleh karena itu, adakalanya Anda perlu mematikan ini. Biaya per megabyte yang dibebankan ke konsumen bukannya tidak mungkin akan menyiksa apabila Anda berpergian ke luar negeri. Bukan hanya itu, megabyte menumpuk cepat, dan begitu juga tagihan Anda.

Bagaimana untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mobile data pada perangkat Android Anda?

1. Pertama, masuk ke menu setting

step 1

2. Pilih opsi ‘more network’ lalu ‘mobile network’

step 2

3. Anda akan melihat menu dengan pilihan yang berbeda mengenai data mobile. Beri tanda centang untuk mengaktifkan, atau kosongkan untuk mematikan data seluler.step 3

4. Anda dapat beralih data dan mematikannya setiap saat. Semudah itu!

step 4

Langkah # 3 Haruskah Anda berurusan dengan roaming?

Langkah 3Berurusan dengan roaming merupakan kebutuhan yang membantu Anda menghindari (atau setidaknya mengurangi) rasa ‘depresi’ di awal-awal kedatangan Anda ke negara lain, tapi itu agak tidak masuk akal untuk dipertahankan selama Anda bisa mendapatkan kartu SIM lokal dengan paket data murah. Periksa di operator lokal tentang rencana pra-bayar mereka – mendapatkan kartu SIM dan nomor lokal harusnya memakan biaya sedikit dengan proses yang cepat dan sederhana. Agar semuanya bekerja, pastikan Anda memiliki telepon GSM, telepon CDMA tidak akan bekerja di banyak bagian dunia.

Langkah # 4 Internet adalah apa yang Anda butuhkan
Anda akan membutuhkan koneksi internet untuk mengetahui nilai tukar mata uang terbaru. Mendapatkan info terbaru mengenai ini merupakan investasi yang  layaj dilakukan agar tidak menjadi korban penipuan penukaran valas.
Jika Anda bepergian ke resor, sering sulit untuk menemukan bank, sehingga Anda harus menukarkan uang di kantor penukaran uang sembarangan. Aturan praktis yang wajib Anda ingat adalah, JANGAN PERNAH menerima penukaran uang dari orang asing yang mendekati Anda di jalan. Tahukah Anda: Anda tidak perlu mengunduh sebuah aplikasi untuk memeriksa tarif mata uang – cukup ketik pencarian di Google dalam format berikut “USD ke IDR” untuk Dollar Amerika  atau “SGD1ke IDR” untuk Dollar Singapura.
2015-09-05 20.34.28

 

Langkah # 5 Miliki peta

Langkah 5
Ambil peta yang dapat Anda gunakan secara offline seperti aplikasi HERE Maps. Beberapa fitur terkuat dan paling terkenal dari Nokia Maps HERE adalah bahwa peta ini dapat digunakan secara offline berkat adanya built in GPS di perangkat Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi peta dan menavigasi diri Anda ke lokasi yang diinginkan tanpa koneksi internet, dan Anda dapat menggunakan semua fitur HERE Maps di Android ketika sedang offline.

Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh peta rinci dari berbagai daerah, atau bahkan negara (lebih dari 200 yang tersedia untuk diunduh). Disebutkan bahwa peta disimpan pada perangkat Anda dan membuka jalan untuk akses cepat. Lebih dari 100 peta tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan navigasi berulang kali, sedangkan 40 peta akan memberikan informasi lalu lintas (namun kami rasa fitur ini tidak akan bekerja secara offline).

Langkah # 6 Jangan lupa bawa adaptor

Anda mungkin akan membutuhkan adaptor universal saat bepergian ke luar negeri. Karena bukannya tidak mungkin, colokan di negara yang Anda kunjungi itu akan berbeda dengan apa yang Anda temukan  di Indonesia.

Langkah 6Langkah #7 Teknologi fast charging jika memungkinkan

Langkah 7

Pastikan Anda membawa charger dan kabel USB. Akan lebih bagus jika smartphone Anda mendukung teknologi fast charging. Karena dengan begitu Anda tidak akan perlu menunggu terlalu lama ketika baterai smartphone Anda mati, sementara Anda harus cepat-cepat beranjak ke luar hotel. beberapa smartphone kelas atas yang muncul belakangan ini telah mendukung teknologi tersebut, sebut saja Sony Xperia Z3 atau Samsung Galaxy Note 5. {RIE/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here