Kominfo Pastikan Indomie Rasa Saksang Babi Hoaks

Indomie Saksang Babi

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan jika informasi mengenai Indomie rasa Saksang Babi adalah hoaks. Foto yang beredar adalah hasil editan dari sebuah varian rasa Indomie.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo, Rabu (22/07/2020), Kominfo menyatakan ada beredar informasi di media sosial Facebook berupa foto Indomie rasa Saksang Babi.

Gambar tersebut langsung menjadi viral di media sosial, karena netizen heboh dengan rasa baru Indomie, yang katanya dari daging babi.

Namun setelah ditelusuri ternyata informasi Indomie rasa Saksang Babi adalah hoaks dan masuk kategori disinformasi. Foto adalah hasil editan dari foto asli yaitu Indomie rasa Soto Medan.

{Baca juga: Menkominfo Rapat dengan CEO YouTube Bahas Hoaks}

“faktanya foto tersebut merupakan hasil suntingan / editan. Pada foto asli, varian rasa Indomie itu adalah Rasa Soto Medan,” kata Kominfo.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk selaku produsen Indomie juga menegaskan bahwa keterangan rasa pada foto tersebut adalah hoaks, karena Indofood hanya memproduksi produk halal.

Kronologi Kasus 

Kasus ini bermula dari postingan dari akun Facebook Falah Ipay pada Senin (21/07/2020). Postingan yang akhirnya dihapus tersebut menyatakan jika Indomie telah merilis Indomie rasa Saksang Babi dan rasanya sangat enak.

“Indomie seleraku. Rasa babi emmm endull,” tulis Falah Ipay.

Indomie Saksang Babi

Postingan Falah menjadi viral dan perbincangan di Facebook dan Twitter. Misalnya saja akun facebook bernama Hendra yang turut membagikan foto dengan menambah stiker berbentuk hati.

“Rassa” kata Hendra.

Indomie Saksang Babi

Akun Delimensen Denhai Silaban juga membagikan foto tersebut. Dengan menggunakan bahasa Batak, Delimensen turut berkomentar mengenai varian rasa Indomie yang sebenarnya adalah hoaks.

{Baca juga: Perangi Hoaks, Kominfo dan WhatsApp Hadirkan Program Literasi Digital}

“Silahkan di coba indomie rasa baru akka lae2 ku dohot akka dongan2 sasude na. #SilahkanBerkomentar,” kata Delimensen.

Indomie Saksang Babi

Di Twitter makanan ini juga menjadi perbincangan netizen. Netizen banyak yang bertanya apakah keberadaan Indomie dengan citarasa Babi benar-benar ada atau hanya kabar hoaks.

{Baca juga: Kominfo Cabut Status “Hoaks Klorokuin” Sembuhkan Corona}

“Indomie saksang babi? ngeri sekali,” cuit Akun @FuaddMas.

Selain Fuad, ada juga akun @tipsymerlot yang malah bertanya kepada netizen lain apakah pernah mencoba rasa baru dari mie instant tersebut.

“Ada yang dah pernah nyoba…????” cuit @tipsymerlot.

 

{Baca juga: Kominfo: Jalanan Jakarta Disemprot Disinfektan Bikin Iritasi, Hoaks!}

Menanggapi polemik di masyarakat, akhirnya Kominfo pun merilis pernyataan jika kabar tersebut adalah hoaks dan masyarakat jangan percaya dengan foto yang beredar di media sosial. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here