Perangi Hoaks, Kominfo dan WhatsApp Hadirkan Program Literasi Digital

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), WhatsApp dan ICT Watch meluncurkan program literasi digital untuk mengurangi penyebaran hoaks di tengah pandemi Covid-19. Literasi digital ini pun bisa menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan mengenai perlindungan data pribadi.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Jumat (15/05/2020), program literasi digital ini dari Kominfo, WhatsApp, dan ICT Watch itu bertajuk “Fundamendal Literasi Digital.”

Melalui program tersebut, peserta akan mendapatkan program bincang daring, serta kelas dan pelatihan secara online.

Adapun materi yang telah disiapkan antara lain berisi tentang menjadi netizen cerdas, pengasuhan di era digital, aktivisme sosial di dunia online, privasi dan perlindungan data pribadi, keamanan digital di ponselmu, serta praktik baik penggunaan WhatsApp.

{Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 Aktif, Begini Cara Pakainya}

Pelatihan online ini gratis dan bisa diakses melalui situs resmi ICT Watch. Rencananya, pelatihan online akan hadir di 12 kota, termasuk Manado, Ambon, Jayapura, Pasuruan, Padang, Cirebon, Denpasar, Banjarmasin, Mataram, Pekalongan, Mamuju, dan Palembang.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatakan pemaparan dari para tutor dengan format video dan presentasi, serta terdapat ujian interaktif di akhir kelas. Peserta yang telah mengikuti seluruh materi dan lulus ujian akan mendapatkan sertifikat digital yang dirilis bersama oleh ICT Watch dan WhatsApp.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel A. Pangerapan menyambut baik program literasi digital yang diinisiasi Kominfo, WhatsApp, dan ICT Watch tersebut. Pria yang akrab disapa Sammy ini berharap agar materi kelas diperbanyak, sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Materi-materi dalam kelas online ini perlu terus diperkaya dan diperdalam dengan melibatkan lebih banyak multi stakeholder yang berkontribusi secara aktif,” tutur Semuel.

Begitu juga dengan Direktur Kebijakan APAC WhatsApp, Clair Deevy. Ia menyambut baik program tersebut. Menurutnya, program tersebut akan mampu menyadarkan masyarakat dari konten-konten hoaks di tengah pandemi Covid-19.

{Baca juga: Cara Mudah Rekam Video Call WhatsApp di Android}

“WhatsApp sangat senang bisa bekerjasama dengan ICT Watch dan Kemkominfo untuk meluncurkan program literasi digital yang sangat penting dalam merespon tantangan penyebaran hoaks,” ujar Clair. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI