Trip Bareng Samsung Galaxy S8

Makro dan Bokeh

Galaxy S8 cukup istimewa untuk foto makro dan menangkap detail dari objek yang di foto. Jarak kamera ke objek bisa cukup dekat.

ArtScience Museum di depan Marina Bay Sands bentuknya unik, sebenarnya melambangkan bunga lotus, yang juga tumbuh di kolam di depannya.

Karena foto makronya detail, saya tidak bosan-bosan foto doggy peliharaan. Dengan aperture f/1.7 otomatis bagian belakang akan bokeh /blur secara alami.

Ini crop 100% dari foto di atas untuk memperlihatkan detail.

Ini patung clay yang dipamerkan di art gallery Raffles City, di foto dari balik kaca.

Masih di pameran art gallery, patung ini memang memiliki warna merah yang berbeda antara baju dan hati. Salah satu perbaikan yang dilakukan kamera di GalaxyS8 dibanding pendahulunya adalah bisa menangkap range warna merah yang lebih baik, yang terkadang meleset saat mengambil foto bunga, misalnya bunga bougenville.

Artificial bokeh. Berbeda dengan aperture besar yang otomatis membuat area fokus lebih sempit dan sisanya menjadi blur, foto bokeh juga bisa dibuat secara artificial melalui algoritma software. Salah satu fungsi dual camera yang sedang ramai digunakan sekarang adalah untuk mencoba menghasilkan foto bokeh yang lebih baik, dan Samsung di Galaxy S8 belum menggunakannya.

Tetapi sudah cukup lama Samsung menyertakan fitur selective focus, yang saya perhatikan makin baik algoritma-nya. Jika fitur ini digunakan, maka kita akan bisa menentukan nantinya setelah foto diambil, apakah akan fokus pada objek di depan, atau background di belakang, atau keduanya. Ini kita coba fokus pada objek di depan

Saat dipilih untuk fokus ke bagian belakang, ini hasilnya.

Benda-benda bernilai seni banyak dipajang menjadi ornamen-ornamen khusus, termasuk juga di hotel. Penambahan lampu sorot menjadikannya lebih menonjol karena termasuk bermain dengan bayang-bayang.

Panorama

City skyline, pantai, pegunungan, landscape, terasa lebih indah dan lengkap jika di foto memanjang atau sering dikenal dengan istilah panorama. Kita bisa mengambil foto landscape dari jarak jauh dalam satu bingkai foto, atau dalam jarak lebih dekat dengan menggabungkan beberapa foto dalam satu gerakan, misal kiri ke kanan atau atas ke bawah.

Terkadang fitur panorama ini juga berguna untuk mengambil gambar yang lebih utuh malah di area sempit, misalnya ruang kantor, atau kamar. Hanya saja semakin sempit ruangan, foto panorama ini mudah terdistorsi.

Ini beberapa foto panorama yang diambil menggunakan Galaxy S8, smartphone ini memiliki stiching foto steady yang lebih baik dibanding Galaxy sebelumnya. Kita bisa memilih untuk mengambil panorama dengan posisi smartphone landscape atau potrait. Hanya foto panorama ini semakin panjang semakin besar file-nya

Satu capture kamera tidak cukup untuk menangkap seluruh waterfront city, disini kita membutuhkan bantuan fitur Panorama.

Yah, mendung-mendung juga lumayan untuk foto panorama Marina Bay Sands. Landscape daerah ini benar dipikirkan dengan baik, bahkan sepanjang jembatan gantung diberikan tempat khusus untuk orang-orang bisa berfoto baik selfie, maupun mengambil foto gedung-gedung waterfront. Semakin banyak orang berfoto, semakin banyak “iklan” gratis tentang negara Singapura dibagikan mereka lewat media sosial. Panorama ini diambil dalam mode kamera panorama posisi landscape.

Panorama ini diambil dalam mode kamera panorama potrait, sehingga bagian vertikal lebih banyak tertangkap.

Area kolam renang yang besar bisa menarik untuk didapat fotonya lebih utuh dengan mode panorama.

Penutup

Setelah menggunakannya lebih lama, terasa memang ada peningkatan kualitas kamera di Galaxy S8 dibanding pendahulunya Galaxy S7. Terasa di sisi noise yang lebih baik pada foto-foto lowlight, hasil foto yang akurat warnanya dan tidak terlalu warm,  kemudahan mengambil foto panorama yang lebih steady, dan stiching yang lebih baik. Di sisi video, kestablilan dan kualitas gambar juga meningkat.

Menurut saya, kamera Galaxy S8 ini sangat mumpuni untuk diajak mengambil foto berbagai objek dan di segala suasana. Fitur kamera yang tersedia cukup lengkap dan mudah di akses, dengan UI yang sederhana dan mudah dimengerti. Auto HDR nya sangat membantu, dan hasilnya terlihat natural.

Autofocus yang menggunakan teknologi dual pixel, masih bisa dikatakan tercepat saat ini. Salah satu kamera smartphone terbaik yang asik untuk diajak jalan-jalan sekaligus bekerja membuat dokumentasi. Dan saat kita set layar Galaxy S8 pada performance mode, foto-foto yang kita ambil akan tampil dengan warna dan detail terbaiknya.

Selamat siap-siap liburan!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI