Ilmuwan Inggris Kembangkan Panel Surya untuk Pakaian, Tujuannya?

Telset.id,Jakarta – Sebuah tim peneliti di Inggris telah membuat panel surya kecil yang dapat dimasukkan ke dalam pakaian. Alat ini nantinya akan digunakan untuk mengisi baterai ponsel atau fitness tracker atau pelacak kebugaran.

Dikembangkan di Nottingham Trent University, panel surya ini akan berukuran cukup kecil, sehingga memungkinkannya dijadikan sebagai benang dan kemudian dirajut atau dijalin menjadi bahan tekstil.

Tim dibalik teknologi ini mengatakan bahwa dalam pengujiannya panel surya kecil ini mampu mengisi baterai ponsel dan pelacak kebugaran. Menurut peneliti, panjang panel surya ini hanya 3mm dengan lebar 1.5mm, sehingga hampir tidak terlihat oleh mata telanjang.

Pemimpin proyek, Profesor Tilak Dias, dari universitas seni dan desain mengatakan, pakaiannya akan tampak sama dengan pakaian pada umumnya.

{Baca juga: Berkat Teknologi Ini, Baju Pintar Segera Jadi Kenyataan}

“Dengan menanamkan sel surya kecil ke dalam benang, kita dapat menciptakan pakaian dan kain yang menghasilkan sumber energi berkelanjutan,” katanya.

Dia mengatakan, meski terlihat sama dan berfungsi seperti tekstil pada umumnya, namun bagian dalam serat akan menjadi jaringan bagi sel surya yang menghasilkan listrik.

“Ini dapat mengurangi kebutuhan orang dalam menghubungkan ke stop kontak dinding dan mengurangi emisi karbon. Teknologi ini akan memungkinkan orang menggunakan tekstil cerdas saat bepergian,” kata Dias.

Masih menurut para peneliti, jika 2.000 sel surya dimasukkan ke dalam sebuah tekstil itu bisa menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi daya smartphone.

{Baca juga: iPhone X Punya Edisi Tesla, Baterainya Tenaga Surya}

Mereka telah mencoba mengembangkan konsep ini sebagai bukti, dengan tekstil berukuran 5 x 5 cm yang berisi 200 sel. Konsep ini menggunakan kabel USB yang dapat terhubung ke ponsel.

Para peneliti berharap ke depan akan ada semacam saku yang tersembunyi, yang akan bertindak sebagai tempat pengisian yang terbuat dari kain, dan memungkinkan perangkat diisi tanpa perlu kabel. [BA/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0