Ilmuwan: Hujan Bisa Jadi Sumber Energi Alternatif

Sumber energi alternatif

Telset.id, Jakarta – Bahan bakar fosil suatu hari akan habis tak tersisa. Itulah kenapa banyak orang mulai mencari sumber energi alternatif dan terbarukan untuk masa mendatang, termasuk para ilmuwan yang temukan fakta baru soal hujan sebagai energi terbarukan.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (10/02/2020), para ilmuwan telah menemukan bahwa kemungkinan hujan bisa menjadi bentuk potensial lain dari sumber energi alternatif dan terbarukan pada masa depan.

Para peneliti telah mengembangkan generator yang menggunakan struktur gaya transistor efek medan untuk menghasilkan tegangan dari tetesan air. Satu di antaranya berasal dari air hujan.

{Baca juga: Mobil Masa Depan Toyota Punya Fitur “Motor Matic”, Apa Itu?}

Bahkan, mereka berhasil menemukan fakta bahwa temuan itu bisa sangat efektif. Sebab, satu tetes air dikatakan mampu menghasilkan 140 Volt, cukup untuk memberi daya 100 bola lampu LED kecil.

Temuan para peneliti merupakan sebuah peningkatan besar dibanding upaya sebelumnya yang hanya menghasilkan “ribuan” kali lebih sedikit energi. Namun, mereka masih punya banyak PR.

{Baca juga: Peneliti Kembangkan Energi Terbarukan dari Luar Angkasa}

Apalagi, hujan tidak selalu konsisten. Di beberapa tempat bahkan mungkin jarang terjadi. Kendati demikian, air hujan dapat digunakan sebagai sumber daya cadangan dengan cara dikumpulkan.

Dengan begitu, ketika malam hari saat tak ada sinar matahari, sumber energi dari tetesan air hujan bisa dimanfaatkan. Cara tersebut tak cuma mudah, melainkan pula berbiaya sangat murah. (SN/MF)

SOURCEUbergizmo
Previous articleSah! Christina Koch Jadi Astronot Perempuan Terlama di Orbit
Next articleMengenal 5 Prinsip Tangkas Berinternet dari Google, Apa Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here