Honda Siap Uji Coba Self Driving Car

HOndaJAKARTA – Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, diam-diam berencana untuk menguji kemampuan mobil otomatisnya (self-driving car atau mobil yang bisa menyetir sendiri) di jalanan negeri Paman Sam. Honda kabarnya telah mendapatkan persetujuan dari badan khusus di Amerika Serikat, untuk melakukan uji coba tersebut di California.

Seperti dikutip dari Engadget, Minggu (13/9/2015), sebelum Honda, sudah banyak pabrikan otomotif lain yang menaruh minat pada robot mobil seperti ini. Sebut saja Audi, Lexus dan beberapa nama lainnya. Beberapa merek lain juga dilaporkan sedang melakukan uji coba mobil jenis ini.

Di sisi lain, raksasa teknologi Google saat ini terus berkutat dengan proyek mobil setir sendiri (self-driving car). Google memang belum memberikan kejelasan mengenai kapan proyek ini menjadi komersial, sebab masih banyak hambatan yang dihadapi proyek ini.

Seperti sebelunnya dikutip dari The Verge, proyek mobil setir sendiri yang diketuai Chris Urmson ini sebenarnya untuk memastikan bahwa anaknya yang berusia 11 tahun bisa aman mengendarai mobil. Artinya, lebih untuk keselamatan dan kenyamanan pengendaranya. Nah, jika dalam lima tahun ke depan anak Urmson berusia 16 tahun, dan proyek ini selesai, maka di usia tersebut anak Urmson tidak perlu menyetir sendiri.

Jika ada yang menyebutkan bahwa proyek mobil setir sendiri ini akan selesai di 2020, mungkin terlalu optimistis mengingat masih banyak hambatan regulasi dan tantangan teknologi yang harus dihadapi. Tapi, bisa jadi proyek ini menjadi kenyataan mengingat banyak orang tua memiliki pendapat sama dengan Urmson yang mengkhawatirkan keselamatan putranya saat berkendara. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI