Honda Mundur dari F1, Ingin Fokus ke Teknologi Nol Emisi

Telset.id, Jakarta  – Secara mengejutkan Honda Motor Jepang mengumumkan akan mengakhiri partisipasi sebagai pemasok mesin di Kejuaraan Formula 1 (F1) pada akhir musim 2021. Honda pamit dari balap F1 karena ingin fokus pada teknologi nol emisi.

“Keputusan tersebut kami buat pada akhir September 2020 lalu. Perusahaan tidak berniat untuk kembali ke F1,” papar Kepala Eksekutif Honda Motor Jepang, Takahiro Hachigo kepada awak media.

{Baca juga: Honda Kena Serangan Siber, Proses Produksi Terhambat}

Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Senin (5/10/2020), ia menegaskan bahwa keputusan Honda “pamit” dari F1 bukan akibat pandemi virus corona, tetapi demi tujuan bebas karbon jangka panjang.

Seperti produsen mobil lain, Honda sedang “terburu-buru” untuk membangun kendaraan energi terbarukan dalam perubahan industri yang digambarkan Hachigo sebagai “sekali dalam satu abad”.

Perlombaan tersebut semakin cepat di tengah wabah virus corona ketika pembuat mobil meninjau rencana produksi untuk menangkap pangsa pasar dengan model-model baru, termasuk nol emisi.

Honda, yang kembali ke F1 pada 2015 dan tahun lalu mulai memasok mesin ke tim Red Bull Racing, akan mengalihkan sumber daya. Tujuannya untuk membangun mesin F1 guna mempercepat visi.

{Baca juga: Honda Pamer Mobil Listrik, Begini Wujudnya}

“Kami memahami betapa sulitnya bagi Honda Motor Company untuk mengambil keputusan itu. Kami memahami dan menghormati alasannya, ” tutur Kepala Tim F1 Red Bull, Christian Horner. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI