Hiii.. Sepeda Melaju Sendiri Tanpa Dinaiki Manusia

Sepeda otomatis

Telset.id, Jakarta – Tim penelitian yang beranggotakan para mahasiswa di China berhasil membuat sepeda otomatis yang bisa melaju sendiri, seperti dalam film Ghostbusters. “Sepeda hantu” yang dapat melaju tanpa dikayuh manusia ini, direkam di sekitar lapangan Universitas Tsinghua di Beijing, China.

Para mahasiswa ini menggunakan metode kontrol kemudi dalam mengembangkan sepeda tersebut. Melalui metode itu, sepeda dapat maju dan berputar pada kecepatan yang berbeda.

Dilansir Telset.id dari Metro, Jumat (19/10/2018), “sepeda hantu” ini juga menggunakan teknologi khusus untuk menjaga keseimbangannya secara otomatis. Meski demikian, masih belum diketahui untuk apa teknologi sepeda otomatis ini akan digunakan.

Baca Juga: Honda Rilis Teknologi Pencegah Kecelakaan, Seperti Apa?

Mengingat, hal yang paling berguna tentang sepeda adalah untuk dapat dikendarai oleh manusia. Namun, proyek ini diprediksi mampu menjadi dasar dari platform sepeda tanpa awak di masa yang akan datang.

“Proyek kami adalah tentang bagaimana sepeda dapat menjaga keseimbangannya seperti manusia. Kami memilih metode yang paling mirip dengan manusia, memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dengan mengendalikan stang untuk menjaga keseimbangan,” jelas ketua tim penelitian, Profesor Mingguo Zhao.

Baca Juga: Dilengkapi Kursi Bergerak, Ini Dia Mobil Mini Besutan Honda

Salah seorang mahasiswa bernama Lee Boon Shen mengatakan, timnya memiliki rencana untuk menambahkan sistem otomatis agar dapat berjalan sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

“Di masa depan, kami akan menerapkan sistem GPS untuk membuatnya dapat melaju secara otomatis sesuai dengan rute yang direncanakan, tanpa dikendalikan manusia,” imbuhnya. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here